Mirip dengan Nama Negara Lain, Negara Ini Ganti Nama

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Mirip dengan Nama Negara Lain, Negara Ini Ganti Nama

Mirip dengan Nama Negara Lain, Negara Ini Ganti Nama

KEPONEWS.COM - Mirip dengan Nama Negara Lain, Negara Ini Ganti Nama Mbabane - Ini mungkin kisah yang tak biasa. Suatu negara di Afrika berganti nama karena sering disebut namanya mirip Swiss. Tahu nggak negara apa?Dilansir dari BBC dan Reuters, Jumat (20/4/2018) negar...

Mbabane - Ini mungkin kisah yang tak biasa. Suatu negara di Afrika berganti nama karena sering disebut namanya mirip Swiss. Tahu nggak negara apa?

Dilansir dari BBC dan Reuters, Jumat (20/4/2018) negara tersebut ialah Swaziland, suatu negara kecil di bagian selatan Afrika. Negara ini diapit oleh Mozambik dan Afrika Selatan, serta tidak memiliki pantai.

Raja Mswati III, pemimpin negara Swaziland membuat kebijakan baru dengan mengubah nama negaranya. Gara-garanya, Swaziland seringkali disangka Switzerland (Swiss)!

"Setiap kami pergi ke luar negeri, orang selalu mengira kami dari Switzerland," ujar Raja Mswati III seperti ditulis Reuters.

Raja Mswati III (Reuters)Raja Mswati III (Reuters)

Sebenarnya semenjak sidang umum PBB pada tahun 2017 kemarin, Raja Mswati III berbicara di depan publik dengan tidak lagi menyebut Swaziland. Dia menyebut nama Kerajaan eSwatini.

Ya, nama baru itu ialah eSwatini. eSwatini memiliki arti 'tanah Swazis'. Nama itu sudah diumumkan oleh Raja Mswati III saat perayaan hari kemerdekaannya baru-baru ini di negaranya.

Mitos Dinosaurus yang Masih Hidup di Afrika

Tapi nyatanya, mengubah nama negara juga berdampak ke beberapa hal lain. BBC menulis, harus banyak beberapa hal juga yang harus diubah seperti uang di sana masih memiliki nama Bank Sentral Swaziland, harus mendaftarkan nama barunya pada PBB, menggantis emua website pemerintahan yang masih menggunakan nama Swaziland dan sampai hal kecil mengubah kode negaranya SWZ (Swaziland).

Untungnya, nama Swaziland tidak ada dalam lagu kebangsaannya. Kalau ada, tentu repot karena harus diganti.

Meski sudah berganti nama, banyak media-media internasional yang memberikan kritik terhadap Raja Mswati III. Daripada mengganti nama negara, lebih baik urus angka kriminal dan HIV yang masih sangat tinggi.

Dipajang di IIMS 2018, Motor Jokowi Sudah Punya Spakbor (aff/aff)

Comments