Minum Vitamin C Warna Urine Jadi Kuning, Wajar atau Bahaya?

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Minum Vitamin C Warna Urine Jadi Kuning, Wajar atau Bahaya?

Minum Vitamin C Warna Urine Jadi Kuning, Wajar atau Bahaya?

KEPONEWS.COM - Minum Vitamin C Warna Urine Jadi Kuning, Wajar atau Bahaya? APAKAH Kamu pernah mengalami buang air kecil atau pipis kuning setelah minum vitamin C? Bila pernah, apakah Kamu panik saat tahu hal itu terjadi? Pertanyaan berikutnya ialah apakah artinya vitamin C y...

APAKAH Kamu pernah mengalami buang air kecil atau pipis kuning setelah minum vitamin C? Bila pernah, apakah Kamu panik saat tahu hal itu terjadi?

Pertanyaan berikutnya ialah apakah artinya vitamin C yang dikonsumsi tidak diserap seutuhnya oleh tubuh sehingga vitamin keluar lagi lewat urine yang berwarna kuning? Apakah ini berbahaya?

Banyak sekali pertanyaan terkait dengan urin kuning dan vitamin C. Kondisi seperti ini pun banyak didengar dari masyarakat yang bertanya ke Praktisi Kesehatan dr Esther Kristiningrum. Lantas bagaimana dunia medis menilai hal ini?

Dr Esther

"Sebenarnya urin yang kuning itu wajar setelah konsumsi vitamin C, khususnya vitamin C dosis tinggi," katanya dalam Forum Group Discussion (FGD) Series MNC Koran Sindo, beberapa waktu lalu.

Tubuh Butuh Vitamin C 1.000 Mg per Hari, Bagaimana dengan Lainnya?

Tak hanya karena vitamin C ternyata, konsumsi vitamin B jenis tertentu juga ternyata memberi efek yang sama yaitu urin berwarna kuning. "Vitamin B jenis tertentu juga ngefek ke urin kuning," terangnya.

Begini Cara Minum Vitamin C agar Mudah Diserap Tubuh

Live Series Kesehatan

Dokter Esther menekankan sekali lagi bahwa urin yang kuning setelah minum vitamin C itu tidak masalah. Tapi, akan menjadi masalah serius ketika tak hanya kuning, tetapi di urinnya juga ada warna kemerahan atau bau tidak enak, itu perlu pengawasan lebih lanjut.

Bahkan, sambung dr Esther, beberapa laporan klinis menerangkan bahwa efek vitamin C juga terlihat pada ASI. "Beberapa laporan mengungkapkan ASI menjadi kuning setelah si ibu menyusui konsumsi vitamin tertentu," katanya.

Comments