Minum Soda Susu Bisa Bersihkan Paru-Paru? Simak Penjelasan Dokter Yuk

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Minum Soda Susu Bisa Bersihkan Paru-Paru? Simak Penjelasan Dokter Yuk

Minum Soda Susu Bisa Bersihkan Paru-Paru? Simak Penjelasan Dokter Yuk

KEPONEWS.COM - Minum Soda Susu Bisa Bersihkan Paru-Paru? Simak Penjelasan Dokter Yuk BANYAK beredar di masyarakat kita pendapat bahwa dengan mengonsumsi soda susu dapat membersihkan paru-paru. Trik ini yang kemudian dijadikan cara agar hasil medical check-up tepat, padahal Kamu peroko...

BANYAK beredar di masyarakat kita pendapat bahwa dengan mengonsumsi soda susu dapat membersihkan paru-paru. Trik ini yang kemudian dijadikan cara agar hasil medical check-up tepat, padahal Kamu perokok!

Pola pikir seperti itu masih banyak sekali ditemukan di lingkungan kita. Padahal, berita sudah sangat banyak dan keterbukaan ilmu pun sudah sangat membantu masyarakat.

Nah, memangnya benar bisa berdampak demikian? Kaitannya apa?

Okezone coba menanyakan berita ini ke Dokter Spesialis Penyakit Dalam Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB. Jawaban singkat diberikannya, "Itu mitos!"

Ya, pernyataan 'Minum soda susu dulu sebelum medical check-up, biar paru-paru ANda bersih' ialah mitos belaka. Dr. Ari pun menyayangkan masih banyak masyarakat kita yang terjebak dalam kesalahpahaman itu.

"Saya selalu mendengar pendapat itu dan sudah menjadi tugas kita bersama memaparkan bahwa prinsip tersebut sangat keliru dan tidak harus dipercaya lagi," tegas Dr. Ari saat dihubungi Kamis 12 Juli 2018.

Soda Susu

Malah, Dr. Ari menyarankan, bagi mereka yang mempunyai masalah lambung untuk tidak mengonsumsi soda susu ini secara berlebihan. Alasannya adalah, soda dapat memberikan dampak buruk bagi lambung Kamu dan ini malah menjadi masalah bagi penderita.

Dr. Ari melanjutkan, kekeliruan yang juga salah kaprah ialah pernyataan 'Paru-paru bersih dan paru-paru kotor'. Dia menegaskan bahwa istilah tersebut tidak ada di dunia medis dan masyarakat kita masih banyak yang meyakini hal itu benar!

"Ya, kalau paru-parunya berlendir dan bermasalah, tentu akan menimbulkan dampak pada orang tersebut dan tentunya dia diminta untuk memeriksakan lebih lanjut ke tenaga medis. Jadi, stop percaya adanya istilah paru-paru kotor maupun paru-paru bersih," sambungnya.

So, bagaimana sih supaya bisa mendapatkan paru-paru yang sehat menurut ahli medis?

Dr. Ari memaparkan bahwa pola hidup yang sehat dengan tidak merokok, berada jauh dar sumber polusi, pun juga rajin berolahraga menjadi cara yang bisa dilakukan semua orang.

"Olahraga yang rajin dan mengonsumsi makanan yang sehat menjadi cara supaya Kamu mendapatkan paru-paru yang sehat," sarannya. Dr. Ari menegaskan bahwa mulai dari sekarang sudah jangan percaya lagi dengan hoax seperti itu. "Sudah, tidak ada lagi tawar-menawar mengenai hoax seperti ini," ucapnya.

(hel)

Comments