Minum Obat Diabetes Menahun Sebabkan Gangguan Ginjal, Mitos atau Fakta?

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Minum Obat Diabetes Menahun Sebabkan Gangguan Ginjal, Mitos atau Fakta?

Minum Obat Diabetes Menahun Sebabkan Gangguan Ginjal, Mitos atau Fakta?

KEPONEWS.COM - Minum Obat Diabetes Menahun Sebabkan Gangguan Ginjal, Mitos atau Fakta? Diabetes sering dikaitkan sebagai penyakit turunan. Padahal 90 persen masyarakat Indonesia menderita obesitas tipe-2 yang sangat erat dikaitkan dengan gaya hidup yang tidak sehat terutama diabetes. Me...
Loading...

Diabetes sering dikaitkan sebagai penyakit turunan. Padahal 90 persen masyarakat Indonesia menderita obesitas tipe-2 yang sangat erat dikaitkan dengan gaya hidup yang tidak sehat terutama diabetes.

Menurut data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas), Indonesia menunjukkan peningkatan angka prevalensi diabetes yang cukup signifikan adalah sebesar 6,9 persen pada 2013. Angka tersebut terus meningkat hingga menyentuh angka 8,5 persen pada 2018.

Pria memegang alat

Meski angka prevalensinya cukup tinggi, namun banyak orang yang ragu untuk mengonsumsi obat diabetes. Pasalnya banyak mitos yang berkembang bahwa kebiasaan mengonsumsi obat diabetes secara menahun, dapat menyebabkan gangguan ginjal.

Menjawab hal itu, Konsultan Metabolik Endokrin, Dr. dr. Fatimah Eliana, SpPD, KEMD, FINASIM menegaskan bahwa anggapan obat menyebabkan gangguan ginjal ialah setengah mitos. Alasannya karena penyakit diabeteslah yang menyebabkan seseorang mengalami gangguan ginjal.

Obat diabetes sebabkan gangguan ginjal bisa dibilang setengah mitos. Penderita diabetes bisa mengalami gangguan ginjal karena kadar gula yang tidak terkontrol, terang dr. Eli, saat diwawancarai Okezone di daerah Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis(14/11/2019).

Selanjutnya

Comments