Minum Kopi Setiap Hari, Tubuh Akan Alami 5 Hal Ini

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Minum Kopi Setiap Hari, Tubuh Akan Alami 5 Hal Ini

Minum Kopi Setiap Hari, Tubuh Akan Alami 5 Hal Ini

KEPONEWS.COM - Minum Kopi Setiap Hari, Tubuh Akan Alami 5 Hal Ini Menyeruput kopi hangat di pagi hari dipercaya bisa meningkatkan mood dan membuat Kamu lebih bersemangat. Apa pun yang kita konsumsi tentu saja berpengaruh pada tubuh. Meski beberapa penelitian menyebu...

Menyeruput kopi hangat di pagi hari dipercaya bisa meningkatkan mood dan membuat Kamu lebih bersemangat. Apa pun yang kita konsumsi tentu saja berpengaruh pada tubuh. Meski beberapa penelitian menyebut kopi mempunyai manfaat kesehatan yang baik, ada beberapa hal yang Kamu perlu tahu.

Jikalau Kamu terbiasa minum kopi setiap hari, maka tubuh akan mengalami lima hal berikut.

1.Risiko kanker dan penyakit lain menurun

Rata-rata orang Amerika mendapat asupan antioksidan dari kopi yang mereka minum. Dilansir dari laman Reader's Digest, rata-rata warga Amerika, terutama New York, minum kopi hingga tujuh cangkir per-hari. Dengan minum kopi hitam setiap hari, tubuh akan terhindar dari risiko penyakit tertentu.

Beth Witherspoon, konsultan nutrisi dari Community Coffee Company mengatakan, "Minum 3-4 cangkir kopi setiap hari bisa mengurangi risiko banyak sekali penyakit seperti diabetes tipe 2, parkinson, demensia, sirosis liver serta beberapa jenis kanker (rahim dan liver)."

Bahkan para ahli menyebut kopi sebagai obat ajaib, karena banyak sekali manfaat sehatnya. "Kopi membuat Kamu hidup lebih lama," kata Janet Rich, ahli pencegahan demensia dan konsultan kesehatan. Tapi manfaat baik itu hanya berlaku bagi kopi hitam, tanpa creamer dan gula.

Ilustrasi secangkir kopi.

2.Kerja otak lebih maksimal

Kafein dalam dosis rendah, sekitar 75 mg memengaruhi otak. Menurut Beth, "Kafein memberi efek positif bagi otak, termasuk meningkatkan fokus dan konsentrasi serta memperbaiki mood."

Kopi juga bisa mencegah depresi dan menurunkan tingkat bunuh diri. Penelitian di 2013 oleh Univeristas Harvard, fakultas Kesehatan Publik menunjukkan, mereka yang minum dua hingga tiga cangkir kopi setiap hari, niat bunuh diri menurun sampai 45 persen.

image_title

Penderita Diabetes Wajib Tahu Bahaya Kafein yang Mengintai

image_title

BNN Temukan Narkoba Jenis Baru: Berbahan Kafein, Bentuknya Kotak

image_title

Hamish Daud Pilih Hitam Daripada yang Manis

3.Rasa tak nyaman seperti sakit kepala

Jikalau kopi dikonsumsi secara berlebihan akan muncul efek samping seperti kelelahan, mudah panik, insomnia, tidur tak nyenyak hingga kecanduan kafein. Menurut American Heart Association, "Seseorang yang terbiasa konsumsi kafein bisa mengalami efek kafein 12-24 jam setelah konsumsi terakhirnya. Gejala yang sering muncul berupa sakit kepala yang akan sembuh dalam 24-48 jam setelahnya."

Batas maksimal konsumsi kopi berbeda antara satu orang dengan yang lain, tergantung metabolisme tubuh.

4.Kadar kolesterol naik

Kalau Kamu punya masalah kolesterol, sebaiknya cek bagaimana kopi Kamu diseduh. Kopi yang dibuat tanpa kertas penyaring, tinggi kandungan cafestol-nya, yang memicu kenaikan kolesterol LDL (low-density lipoprotein) atau kolesterol jahat dalam tubuh. Kertas penyaring bisa memisahkan kopi dari minyak terpenes yang memicu kolesterol.

5.Naiknya tekanan darah

Kopi juga bisa menyebabkan naiknya tekanan darah. Untungnya, kenaikan ini hanya sementara dan tidak menimbulkan efek negatif dalam jangka panjang.

Menurut dietvsdisease.org, "Konsumsi rajin kopi sering dihubungkan dengan pola makan yang berpengaruh pada tekanan darah dan penyakit jantung, yang berujung pada kekakuan pembuluh darah. Namun setelah diteliti, kopi tidak mempunyai efek yang berbahaya untuk pembuluh darah." (msf)

Comments