Minum Kopi Sebelum Tidur Siang Ternyata Bisa Bikin Produktif Lho

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

Minum Kopi Sebelum Tidur Siang Ternyata Bisa Bikin Produktif Lho

Minum Kopi Sebelum Tidur Siang Ternyata Bisa Bikin Produktif Lho

KEPONEWS.COM - Minum Kopi Sebelum Tidur Siang Ternyata Bisa Bikin Produktif Lho TAHUKAH Anda bahwa kombinasi kopi dan tidur siang bisa meningkatkan produktivitas? Banyak orang yang menyukai kopi dan tidur siang dengan banyak sekali alasan. Biasanya orang akan memilih minum kopi k...

TAHUKAH Anda bahwa kombinasi kopi dan tidur siang bisa meningkatkan produktivitas? Banyak orang yang menyukai kopi dan tidur siang dengan banyak sekali alasan. Biasanya orang akan memilih minum kopi ketika kantuk menyerang di siang hari. Hal itu dikarenakan kopi bisa menjadi stimulan untuk tetap melaksanakan aktivitas.

Tapi bagaimana bila kopi diminum sebelum tidur siang? Percaya atau tidak, bila dilakukan dengan benar, minum kopi sebelum tidur siang bisa memberikan dorongan dan tambahan semangat untuk menjalani aktivitas seharian penuh. Penasaran dengan caranya? Simak ulasan berikut.

Dilansir dari Huff Post, Sabtu (12/8/2017), Anda bisa mengonsumsi secangkir kopi seperti biasa di siang hari ketika rasa kantuk datang. Lalu, setel alarm dalam waktu singkat. Kira-kira 30 menit setelah Anda minum kopi. Kemudian, Anda bisa mencoba untuk tidur. Ketahuilah bahwa kopi tidak langsung menunjukkan manfaatnya. Biasanya efek dari kopi baru akan bereaksi 30 menit setelah diminum. Di waktu ini, Anda bisa memanfaatkannya untuk tidur.

Tidur selama 30 menit setelah minum kopi dipercaya sebagai waktu tidur siang yang tepat dan efektif. Hal itu dikarenakan tidur dan kafein menghalangi kinerja adenosin pada otak. Adenosin merupakan zat kimia yang menyebabkan kantuk.

Seperti yang kita tahu, tidur siang bisa membuat orang merasa segar kembali. Dan meminum kopi sebelum tidur bisa menghasilkan dorongan energi yang lebih efektif setelah terbangun. Ada beberapa penelitian yang mendukung teori ini. Sebut saja penelitian yang diterbitkan di jurnal Psychophysiology pada tahun 1997.

Di dalam penelitian itu ditemukan fakta bahwa ketika orang dewasa mengonsumsi 200 mg kafein atau setara dengan dua cangkir kopi dan setelahnya tidur, mereka bisa melakukan tes simulasi mengemudi secara keseluruhan dengan lebih baik. Ada juga studi di tahun 2003 yang mengungkapkan kafein ialah revitalizer paling efektif setelah tidur siang.

Tapi, beberapa orang mungkin tidak bisa menerapkan cara ini. Banyak orang yang merasa gelisah, detak jantung tidak teratur, acid reflux, dan masalah gastrointestinal lainnya setelah minum kopi. Mereka yang mengalami hal ini tidak disarankan untuk meminum kopi sebelum tidur siang. Begitu juga dengan mereka yang mengalami insomnia. Kopi dan tidur siang bisa memperburuk kondisi insomnia mereka di malam hari.

Minum Kopi Sebelum Tidur Siang Ternyata Bisa Bikin Produktif Lho

Comments