Minum Air Putih Secara Rutin Cara Mudah Cegah Sakit Ginjal

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Minum Air Putih Secara Rutin Cara Mudah Cegah Sakit Ginjal

Minum Air Putih Secara Rutin Cara Mudah Cegah Sakit Ginjal

KEPONEWS.COM - Minum Air Putih Secara Rutin Cara Mudah Cegah Sakit Ginjal Laporan Wartawan Tribun Jabar, Teuku Muh Guci SBANDUNG - Ginjal memiliki peranan penting bagi manusia. Ginjal menjaga sistem metabolik tubuh manusia dan menjaga keseimbangan sirkulasi darah dalam tubu...

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Teuku Muh Guci S

BANDUNG - Ginjal memiliki peranan penting bagi manusia. Ginjal menjaga sistem metabolik tubuh manusia dan menjaga keseimbangan sirkulasi darah dalam tubuh.

Pentingnya peran ginjal itu pun diperingati dunia setiap 9 Maret. Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya ginjal terhadap kesehatan.

Peringatan itu juga untuk mengurangi jumlah penyakit ginjal.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Nina Manarosana mengatakan, penyakit ginjal bisa dicegah.

Cara yang paling mudah dan ringan, kata dia, cukup dengan meminum air putih secara rutin.

"Kalau jumlahnya tergantung. Yang penting 50 cc per kilogram berat badan," kata Nina kepada wartawan di Rumah Sakit Immanuel, Jalan Kopo, Kota Bandung, Minggu (12/3/2017).

Baca: Penyakit Ginjal Punya Risiko Kematian Tinggi, Penderitanya Harus Mendapatkan Perawatan Seumur Hidup

Selain minum, kata Nina, masyarakat juga harus selalu melakukan olahraga rutin dan mengontrol asupan makanan. Alasannya adalah obesitas dan hipertensi menjadi pemicu utama penyakit ginjal.

"Untuk deteksinya bisa dilihat dari warna air kencing. Semakin kuning, sebaiknya diperiksa ke dokter," kata Nina.

Nina pun mengajak masyarakat menyayangi ginjalnya. Alasannya adalah penyakit ginjal bisa membuat penderitanya harus mendapatkan perawatan seumur hidup.

Pasien penyakit ginjal harus menjalani cuci darah rutin kalau fungsinya di bawah 25 persen. Penyakit ginjal juga termasuk penyakit yang memiliki risiko kematian tinggi. (cis)

Minum Air Putih Secara Rutin Cara Mudah Cegah Sakit Ginjal

Comments