Miliarder Prancis Sumbang Ratusan Juta Untuk Perbaikan Notre Dame

Internasional

News / Internasional

Miliarder Prancis Sumbang Ratusan Juta Untuk Perbaikan Notre Dame

Miliarder Prancis Sumbang Ratusan Juta Untuk Perbaikan Notre Dame

KEPONEWS.COM - Miliarder Prancis Sumbang Ratusan Juta Untuk Perbaikan Notre Dame Miliarder Prancis Sumbang Ratusan Juta Untuk Perbaikan Notre Dame Presiden Emmanuel Macron menyatakan bertekad memulihkan Notre Dame dalam waktu lima tahun. Pernyataan ini dilontarkan Macron dalam pid...
Miliarder Prancis Sumbang Ratusan Juta Untuk Perbaikan Notre Dame

Presiden Emmanuel Macron menyatakan bertekad memulihkan Notre Dame dalam waktu lima tahun. Pernyataan ini dilontarkan Macron dalam pidato nasional di televisi.

Petugas pemadam kebakaran Prancis hari Selasa (16/4) mengatakan, katedral Notre Dame berhasil diselamatkan dari "kehancuran total." Namun foto-foto pertama dari dalam katedral memperlihatkan kerusakan parah. Atap dan menara puncak utama runtuh, perbaikan dipastikan membutuhkan dana sangat besar.

"Kami akan membangun kembali katedral ini bersama-sama," kata Macron. Dia menambahkan, Prancis akan memulai kampanye penggalangan dana internasional untuk renovasi Notre Dame.

Seruan Macron langsung disambut oleh beberapa milyarder Prancis. Keluarga Pinault yang memimpin kelompok usaha Kering mengumumkan akan menyumbangkan 100 juta Euro.

Francois-Henri Pinault, direktur eksekutif Kering mengatakan, dia dan ayahnya yang menyumbangkan dana itu dari perusahaan investasi mereka Artemis.

"Tragedi ini merupakan pukulan bagi semua warga Prancis, dan lebih dari itu, semua yang melekat pada nilai-nilai spiritual (bangunan ini)," kata Francois-Henri Pinault. "Menghadapi tragedi ini, semua orang ingin mengembalikan kehidupan permata warisan kita sesegera mungkin", ujar miliarder Perancis itu.

Miliarder dari dalam dan luar negeri sumbang dana

Senior keluarga Pinault, yang kini berusia 82 tahun, ialah orang terkaya ke-23 di dunia, dengan kekayaan diperkirakan mencapai lebih 37,3 miliar Dolar AS sesuai data Bloomberg Billionaires Index. Dia merupakan pendiri Kering, yang melaporkan pendapatan 15,5 miliar Euro pada 2017. Keluarga Pinault juga mempunyai rumah lelang Christie dan koleksi seni pribadi dengan lebih 2.000 karya seni.

Sedangkan keluarga Arnault, pemegang saham utama perusahaan Louis Vuitton (LVMH Group), hari Selasa juga mengumumkan akan menyumbang 200 juta Euro.

Bernard Arnault mengatakan, uang itu akan "didedikasikan untuk pembangunan karya arsitektur, yang merupakan bagian dari sejarah Prancis." LVMH Group juga akan membantu dengan tim kreatif, arsitektur dan keuangannya. Bernard Arnault merupakan orang terkaya ketiga di dunia, dengan kekayaan bersih 90,4 miliar Dolar AS.

Produser minyak Total akan menyumbang 100 juta Euro, kata direktur utamanmya Patrick Pouyanne. Martin Bouygues dan Olivier Bouygues, dua bersaudara yang menjalankan perusahaan telekomunikasi dan konstruksi Bouygues, berjanji menyumbang 10 juta Euro. Perusahaan konsultan teknologi Capgemini menjanjikan 1 juta Euro.

Masih banyak lagi keluarga-keluarga pengusaha Prancis dari dalam dan luar negeri yang siap menyumbangkan dana untuk perbaikan Katedral Notre Dame. Di Amerika Serikat, Henry Kravis dan istrinya, Marie-Josee Kravis mengumumkan akan menyumbangkan 10 juta Dolar AS.

hp/as (rtr, dpa, ap)

Comments