Milenial Belum Tertarik ke Museum Bersejarah, Inikah Penyebabnya?

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Milenial Belum Tertarik ke Museum Bersejarah, Inikah Penyebabnya?

Milenial Belum Tertarik ke Museum Bersejarah, Inikah Penyebabnya?

KEPONEWS.COM - Milenial Belum Tertarik ke Museum Bersejarah, Inikah Penyebabnya? Museum di Indonesia dinilai belum maksimal dalam menarik minat generasi milenial. Hal tersebut disampaikan secara langsung oleh Kepala Museum Maritim Indonesia, Tinia Budiati. Menurutnya, dibanding mu...
Loading...

Museum di Indonesia dinilai belum maksimal dalam menarik minat generasi milenial. Hal tersebut disampaikan secara langsung oleh Kepala Museum Maritim Indonesia, Tinia Budiati.

Menurutnya, dibanding museum, generasi milenial cenderung menyukai tempat-tempat yang menyuguhkan suasana dan pengalaman baru. Mereka juga menyukai destinasi yang instagramable atau bisa digunakan untuk narsis.

"PR kita yang ahli sejarah dan ahli cagar budaya yaitu, bagaimana memadukan kesukaan anak muda dengan berita sejarah yang ada di Indonesia," tegas Tinia saat ditemui Okezone di Museum Maritim, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (9/10/2019).

Lebih lanjut, Tinia memaparkan, pemerintah sudah seharusnya meluncurkan program-program baru dengan konsep yang berbeda. Sehingga ke depannya, para generasi milenial mulai tertarik untuk menyelami nilai-nilai sejarah Indonesia.

Sejauh ini, sebetulnya sudah ada beberapa program yang digelar guna meningkatkan minat wisatawan dalam mengeksplorasi nilai-nilai budaya dan sejarah Nusantara. Salah satunya merupakan Pekan Kebudayaan Nasional.

Ruangan museum

Kendati demikian, Mantan Ketua Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta itu menegaskan bahwa program tersebut masih belum bisa menggaet minat wisatawan milenial untuk mencintai sejarah.

Namun bila bicara secara statitistik, jumlah kunjungan wisatawan ke museum sebetulnya mengalami peningkatan setiap tahunnya. Sayangnya, dari segi kualitas, museum-museum di Indonesia dinilai belum mempunyai gebrakan baru untuk memanjakan wisatawan milenial.

Selanjutnya

Comments