Mi ayam kelapa muda, kuliner unik lezat dan menyegarkan

Food & Kuliner

Travel / Food & Kuliner

Mi ayam kelapa muda, kuliner unik lezat dan menyegarkan

Mi ayam kelapa muda, kuliner unik lezat dan menyegarkan

KEPONEWS.COM - Mi ayam kelapa muda, kuliner unik lezat dan menyegarkan Bila berbicara mengenai mi ayam, sudah bukan rahasia lagi dong, kalau masakan satu sudah ini sudah jadi favorit banyak orang? Ya, mi ayam biasanya terdiri dari mi kenyal ditambah sawi dan potongan aya...
Loading...

Bila berbicara mengenai mi ayam, sudah bukan rahasia lagi dong, kalau masakan satu sudah ini sudah jadi favorit banyak orang? Ya, mi ayam biasanya terdiri dari mi kenyal ditambah sawi dan potongan ayam yang rasanya gurih. Bahkan ada pula yang di-mix dengan tambahan bakso, pangsit goreng hingga ceker ayam.

Mi ayam sendiri dapat dijumpai di banyak sekali daerah, terutama di pulau Jawa. Pada umumnya mi ayam disajikan kepada pelanggannya memakai mangkuk. Namun apa jadinya jikalau mi ayam disajikan di dalam kelapa muda berserta dengan daging kelapanya? Bagi kamu yang belum merasakannya tentu ini menjadi sangat aneh. Bagaimana bisa mi ayam dipadukan dengan kelapa muda, ya kan?

Percaya atau tidak, paduan ini menjadi begitu disukai oleh penggemar mi ayam. Masakan satu ini bisa kamu jumpai di Jalan Tentara Pelajar, Kelurahan Trirenggo, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta atau di sebelah utara gerbang masuk kompleks perkantoran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul.

mi ayam kelapa muda Brilio.net/Syamsu Dhuha

foto: Brilio.net/Syamsu Dhuha

Mi ayam yang diberi nama Mi Ayam Klamud ini memang terbilang cukup unik. Lukito Jati sang pemilik warung mengaku bahwa dirinya pertama kali mendapatkan ide tersebut sudah cukup lama. Bahkan sudah mencobanya semenjak setahun lalu. Namun kala itu Mi Ayam Klamud tidak selaris sekarang ini, lantaran masih dinilai makanan yang cukup aneh. Hanya beberapa orang saja yang mau mencobanya.

Suatu hari ada pelanggan dari luar kota mencoba Mi Ayam Klamud tersebut, saat itulah mi ayam kelapa muda menjadi begitu terkenal. Bahkan dalam sehari Lukito bisa menghabiskan 100 kelapa muda.

mi ayam kelapa muda Brilio.net/Syamsu Dhuha

foto: Brilio.net/Syamsu Dhuha

"Mi Ayam Klamud sudah ada semenjak setahun yang lalu. Cuma ya itu, belum seramai sekarang peminatnya karena dianggap makanan yang aneh. Tapi saya tetap coba menjualnya. Paling ya laku satu atau dua mi ayam kelapanya," ujar Lukito ketika ditemui di warungnya beberapa waktu lalu.

"Nah, pas ada satu orang dari luar kota datang buat nyoba, saat itulah jadi ramai yang datang dan mau mencoba mi ayam kelapa muda ini. Sampai hari ini ramai banget. Sehari bisa habis 100 kelapa muda, Alhamdulillah banget," sambungnya.

Lukito Jati merupakan pelaku usaha yang sudah cukup lama berkecimpung di dunia masakan. Ia bahkan mempunyai banyak ide unik yang ingin direalisasikan. Namun untuk sementara ini ia akan fokus dengan usahanya menjual mi ayam kelapa muda.

Tak hanya mi ayamnya saja yang menjadi incaran pencinta masakan, namun tempatnya juga sangat representatif untuk selalu disambangi, karena terletak di dekat sawah. Jadi udara sejuk dan pemandangan yang indah menjadi salah satu perpaduan tepat yang membuat pengunjungnya nyaman.

Ketika dikunjungi, Sabtu (3/11), kondisi warung milik Lukito ini memang sangat ramai. Pengunjung datang silih berganti. Lukito mengaku ide membuat usaha seperti ini karena besarnya persaingan dunia masakan. Ia pun akhirnya harus memutar otak untuk mencari ide masakan unik.

mi ayam kelapa muda Brilio.net/Syamsu Dhuha

foto: Brilio.net/Syamsu Dhuha

"Memang sekarang ini untuk khususnya pelaku usaha, memang dituntut untuk kreatif. Ketika kita mau muncul sebagai pengusaha masakan, harus mempersiapkan taktik yang di situ harus benar-benar mumpumi. Artinya kita harus mempunyai ilmunya. Satu, buta orang-orang penasaran. Setelah penasaran, harapannya mereka datang. Setelah mereka datang, kita sajikan makanan yang enak, baik makanan maupun tempat. Kuncinya cuma itu sebenarnya," ujar Lukito.

Lukito mengaku bahwa dirinya memnag sangat tertarik di dunia masakan. Beruntungnya ia dan sang istri, Sri Lestasi, mempunyai hobi yang sama, adalah memasak.

"Awalnya saya hobi masak dan istri saya juga pintar masak. Makanya kita padukan, kita punya ide, kemudian kita menyatukan rasa dengan masakan itu harus bagaimana. Itu yang menjadi tantangan kita," jelas Lukito.

Untuk mendapatkan cita rasa yang pas, Lukito harus bereksperimen beberapa kali untuk menemukan cita rasa yang pas. Karena menurutnya, mi ayam buatannya ini paling tidak harus bisa diterima banyak lidah masyarakat.

mi ayam kelapa muda Brilio.net/Syamsu Dhuha

foto: Brilio.net/Syamsu Dhuha

"Kita memang tidak membutuhkan waktu lama, cuma yang kita melakukannya berkali-kali, berulang-ulang, sampai mendapatkan rasa yang pas. Seperti itu," sambungnya.

Lukito dan istrinya memang terus mencoba beberapa jenis masakan, mulai dari banyak sekali bentuk dan rasa. Hingga akhirnya mereka mendapatkan kecocokan rasa antara mi ayam dan kelapa muda. Masakan unik satu ini hanya dihargai Rp 15.000 per porsi.

mi ayam kelapa muda Brilio.net/Syamsu Dhuha

foto: Brilio.net/Syamsu Dhuha

Rasanya tidak mengecewakan. Perpaduan rasa manis dan gurih ditambah rasa dingin dari daging kelapa muda memunculkan sensasi berbeda. Meski demikian, rasa khas mi ayamnya sama sekali tidak hilang.

Warung mi ayam unik ini didasari atas keinginan menyajikan mi ayam berbeda, karena pada dasarnya di Bantul sudah sangat banyak yang menjual mi ayam. Hingga akhirnya Lukito menemukan ide unik dan bisa menarik pelanggan.

Nah, gimana? Kamu tertarik untuk mencicipinya?

RECOMMENDED
Loading...

Comments