Meski Sejuk, Ini 6 Dampak Negatif AC untuk Kesehatan

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Meski Sejuk, Ini 6 Dampak Negatif AC untuk Kesehatan

Meski Sejuk, Ini 6 Dampak Negatif AC untuk Kesehatan

KEPONEWS.COM - Meski Sejuk, Ini 6 Dampak Negatif AC untuk Kesehatan SAAT cuaca sedang panas, rasanya kita ingin berada di tempat atau ruangan yang ber-AC untuk menghilangkan rasa gerah kita. Sekarang ini, AC dapat ditemukan di kantor, mobil, bahkan di rumah. Meskipun...

SAAT cuaca sedang panas, rasanya kita ingin berada di tempat atau ruangan yang ber-AC untuk menghilangkan rasa gerah kita. Sekarang ini, AC dapat ditemukan di kantor, mobil, bahkan di rumah. Meskipun AC tampak seperti sahabat terbaik saat cuaca sedang panas, tapi tahukan Kamu? AC dapat mempunyai beberapa dampak negatif bagi kesehatan Kamu.

Dilansir dari Step To Health, Kamis (22/11/2018), memakai AC secara berlebihan dapat berdampak negatif untuk kesehatan Kamu. Oleh karena itu, gunakanlah AC sebagaimana semestinya jangan menggunakannya secara berlebihan sehingga tetap bisa menjadi sahabat Kamu di musim panas. Berikut ialah dampak negatif penggunaan AC untuk kesehatan Kamu.

1. Masalah Pernapasan

Yang pertama, AC bisa berdampak pada masalah pernapasan. Penting untuk disadari bahwa perubahan suhu yang drastis dapat merusak sistem pernapasan Kamu. Oleh karena itu, perpindahan dari suhu yang hangat ke suhu yang dingin dapat menyebabkan beberapa masalah nyata, diantaranya dapat membuat Kamu lebih rentan terhadap infeksi saluran pernapasan seperti faringitis atau infeksi tenggorokan.

Bahkan, ada bukti yang menunjukkan bahwa orang yang menghabiskan lebih banyak waktu di lingkungan ber-AC mempunyai risiko lebih besar terkena gejala tenggorokan dan hidung. Oleh karena itu, mereka mempunyai peluang lebih besar untuk terkena radang hidung seperti rinitis.

2. Infeksi Virus

Salah satu efek yang paling umum dari AC merupakan penyebaran infeksi virus karena sistem kekebalan tubuh yang lemah. Dalam ruangan yang ber-AC, udara lama terus-menerus diresirkulasi, menghentikan udara segar masuk. Akibatnya, udara lama mengalir dan menularkan virus dan kuman flu, serta bakteri lain, dari orang ke orang.

Oleh karena itu, ada risiko lebih besar tertular infeksi virus di lingkungan ber-AC daripada di ruangan tanpa AC.

3. Dehidrasi

Orang yang menghabiskan waktu berjam-jam di kamar atau ruangan yang ber-AC jelas lebih rentan terhadap dehidrasi. Karena AC menyerap terlalu banyak uap air, dan orang sering tidak minum air dengan cukup sehingga mereka menjadi dehidrasi. Dehidrasi sering diabaikan meski merupakan pemicu masalah kesehatan lainnya.

4. Sakit kepala

Sakit kepala merupakan salah satu efek samping yang paling umum dari AC. Tentu saja, bila Kamu terlalu berlebihan memakai AC, Kamu dapat dengan mudah memicu sakit kepala bahkan migrain.

Karena terlalu lama di ruang yang ber-AC dan mengalami dehidrasi. Hal ini juga kemungkinan menimbulkan sakit kepala.

sakit kepala

5. Mata Kering

Pendingin udara dapat menyebabkan mata kering, yang kemudian menyebabkan rasa sakit dan gatal. Meskipun, AC dapat menyebabkan mata Kamu kering secara tidak langsung, tetapi hal itu tetap tidak baik. Jadi, jikalau Kamu menderita mata kering , sebaiknya Kamu tidak berada di ruangan atau lingkungan ber-AC.

6. Mengurangi Kemampuan untuk Menolerir Panas

Bila Kamu menghabiskan banyak waktu di ruangan ber-AC untuk menghilangkan rasa gerah atau panas pada tubuh kita. Ini sangat wajar selama itu musim panas. Tapi tahukah Kamu, bahwa tubuh Kamu bisa stres ketika Kamu merasakan perubahan suhu yang tiba-tiba dari suhu dingin ke suhu yang hangat. Hal ini dapat berdampak negatif pada kesehatan Kamu.

Pada intinya, AC dapat mempunyai beberapa efek negatif yang serius pada kesehatan Kamu jikalau digunakan secara berlebihan. Oleh karena itu, penting untuk menggunakannya secara efisien, bertanggung jawab dan tidak berlebihan.

(hel)

Comments