Mesin Toyota Supra GR Ada Campur Tangan Divisi Racing BMW

Otomotif

News / Otomotif

Mesin Toyota Supra GR Ada Campur Tangan Divisi Racing BMW

Mesin Toyota Supra GR Ada Campur Tangan Divisi Racing BMW

KEPONEWS.COM - Mesin Toyota Supra GR Ada Campur Tangan Divisi Racing BMW LONDON - Kemungkinan menyuplai unit mesin terbaru kepada produk mobil lain menjadi wacana menarik bagi BMW. Utamanya, bagi divisi racing mereka yang dikenal sebagai divisi M. Hal tersebut terkait isu...
Loading...

LONDON - Kemungkinan menyuplai unit mesin terbaru kepada produk mobil lain menjadi wacana menarik bagi BMW. Utamanya, bagi divisi racing mereka yang dikenal sebagai divisi M. Hal tersebut terkait isu pemasangan mesin S58 bertenaga 503 hp buatan divisi M untuk model Supra GR milik Toyota. Tipe mesin tersebut sedianya digunakan untuk model BMW M3 dan M4 edisi 2020 mendatang.

Jikalau nanti wacana tersebut benar terwujud, maka ini menjadi unit mesin M pertama yang dijual oleh BMW kepada pabrikan lain. Sebelumnya, keterlibatan mesin performa tinggi dari BMW untuk kendaraan pabrikan lain baru terjadi pada produksi mobil super McLaren F1, S70 V12.

Supra

Seperti dikutip oleh Autocar, wacana tersebut akan terwujud jikalau Toyota secara resmi mengajukan permintaan kepada BMW. Menurut Presiden Divisi M dari BMW, Markus Flasch, tidak akan menolak seandainya produsen asal Jepang itu benar-benar menghubungi pihaknya. "Ada banyak hal yang bisa kami suguhkan. Saya tidak akan berkata tidak," ujarnya.

Alasannya adalah yang bisa menghalangi kesepakatan antara kedua produsen itu terjadi merupakan peraturan ketat BMW mengenai mesin buatan mereka. "Jelas, kami tidak pernah melepas unit mesin kepada pihak lain karena itu merupakan kekuatan sesungguhnya dari mobil kami. Sulitnya lagi, S58 tergolong baru dan sebaiknya kami mengutamakan penggunaannya dalam varian produk BMW sendiri," kata Flasch menambahkan.

Supra GR sendiri mempunyai mesin 3 L inline-six bertipe B58 yang juga dipasok oleh BMW. Namun, terdapat kritikan mengenai tingkat kekuatan yang dihasilkan oleh mobil itu tidak sesuai dengan ekspektasi pelanggan. Terdapat kemiripan komposisi 10 persen dari model B58 yang menjadi dasar pengembangan S58, model terkini dari Divisi M.

(muf)

Loading...

Comments