Merokok dan Vape Bikin Efek Covid-19 Makin Serius bagi Penderita Kerusakan Paru-Paru

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Merokok dan Vape Bikin Efek Covid-19 Makin Serius bagi Penderita Kerusakan Paru-Paru

Merokok dan Vape Bikin Efek Covid-19 Makin Serius bagi Penderita Kerusakan Paru-Paru

KEPONEWS.COM - Merokok dan Vape Bikin Efek Covid-19 Makin Serius bagi Penderita Kerusakan Paru-Paru Menurut studi terbaru yang dipimpin oleh Dr. Thomas Munzel, kepala kardiologi di Pusat Medis di Universitas Johannes Gutenberg di Mainz, Jerman menemukan merokok dan vape sama-sama buruknya bagi keseh...

Menurut studi terbaru yang dipimpin oleh Dr. Thomas Munzel, kepala kardiologi di Pusat Medis di Universitas Johannes Gutenberg di Mainz, Jerman menemukan merokok dan vape sama-sama buruknya bagi kesehatan. Studi tersebut memaparkan, merokok dan vape meningkatkan risiko komplikasi Covid-19 yang serius.

Para ilmuwan mengatakan, ini ialah studi besar pertama yang membandingkan tiga bentuk merokok antara lain rokok tembakau, e-rokok, shisha, dan vape.

merokok

"Studi ini menemukan bahwa merokok dan vape menyebabkan kerusakan signifikan pada sistem kardiovaskular dan merusak fisiologi paru-paru yang merusak sistem pernapasan," kata Dr. Osita Onugha selaku direktur laboratorium inovasi bedah di John Wayne Cancer, di Santa Monica, California.

Merokok dan vape juga membuat efek Covid-19 semakin serius bagi mereka yang sudah mempunyai kerusakan paru-paru. Pandemi Covid-19 mengharuskan kami untuk fokus mempelajari hal-hal baru dengan cepat, papar Dr. Loren Wold selaku asisten dekan untuk penelitian kesehatan biologis di The Ohio State University.

Banyak kelompok telah menunjukkan bahwa pasien dengan sistem kekebalan yang terganggu sangat menderita infeksi Covid-19. Merokok menyebabkan perubahan fungsi kekebalan tubuh, dan perokok tampaknya mempunyai hasil yang lebih buruk daripada bukan perokok jikalau terinfeksi Covid-19. Ini kemungkinan karena perubahan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi karena perubahan sel-sel kekebalan tubuh," lanjutnya.

4 Pesona Angela Lorenza Model Cantik Keturunan Arab China Pakai Kaos Timnas

Seperti dilansir dari Sindo News, para dokter setuju bahwa diharapkan lebih banyak penelitian. Mereka juga setuju bahwa tidak memakai salah satu dari tiga metode merokok dan vape ialah cara terbaik untuk mengoptimalkan dalam menjaga kesehatan.

"Namun pada intinya ketiganya merupakan paparan partikel dari pembakaran perangkat, yang kita tahu dapat mempunyai efek jangka pendek dan jangka panjang yang dramatis pada paru-paru dan jantung," tutur Wold.

(DRM)

Comments