Merasa Kesetrum Saat Menyentuh Benda atau Orang, Ini Penyebabnya

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Merasa Kesetrum Saat Menyentuh Benda atau Orang, Ini Penyebabnya

Merasa Kesetrum Saat Menyentuh Benda atau Orang, Ini Penyebabnya

KEPONEWS.COM - Merasa Kesetrum Saat Menyentuh Benda atau Orang, Ini Penyebabnya Ilustrasi sentuhan. (pexels/Ana Shvets) Apa kamu pernah dibuat kaget saat tanpa sengaja merasa kesetrum saat menyentuh seseorang, sebuah benda atau gagang pintu? Jikalau pernah merasa hal tersebut, t...

Ilustrasi sentuhan. (pexels/Ana Shvets)

Apa kamu pernah dibuat kaget saat tanpa sengaja merasa kesetrum saat menyentuh seseorang, sebuah benda atau gagang pintu? Jikalau pernah merasa hal tersebut, ternyata ini penyebabnya.

Biasanya rasa kesetrum ini membuatmu seolah dapat merasakan peredaran listrik yang tanpa sengaja kamu sentuh. Namun, apakah benar barang yang kamu sentuh tersebut dialiri peredaran listrik?

Melansir dari Indiatimes.com, rasa kesetrum saat menyentuh orang lain atau sebuah benda merupakan fenomena terjadinya arus statis. Hal ini tidak terlepas dari semua hal di sekitar kita yang mempunyai atom.

Atom sendiri merupakan partikel terkecil dari unsur kimia. Pada dasarnya, banyak hal di sekitar kita yang terbuat dari atom. Sayangnya, hal ini terlalu kecil untuk dapat terlihat dengan mata telanjang.

Bahkan menurut para ilmuwan, bagian terkecil dari atom juga ada yaitu seperti proton yang positif, elektron yang negatif, serta neutron yang cenderung netral.

Ilustrasi sentuhan. (pexels/Dhuong Nhan)Ilustrasi sentuhan. (pexels/Dhuong Nhan)

Umumnya, atom akan tetap menjadi netral karena jumlah proton bermuatan positif dan elektron yang negatif sama. Namun, hal ini berubah saat jumlah ini tidak sama, alhasil akan banyak muatan negatif yang muncul.

Ketidak seimbangan ini membuat atom dengan jumlah elektron dan proton yang tidak seimbang. Elektron yang negatif lalu tertarik pada proton positif. Tarik-tarikan yang berlawanan ini yang lalu membuat kejutan seperti kesetrum yang kita rasakan.

Walaupun sensasi yang dirasakan mirip kesetrum peredaran listrik, rupanya hal ini tidak perlu dikhawatirkan. Ilmuwan menyebutkan bahwa fenomena ini tidak berlangsung selamanya. Saat elektron bersentuhan dengan permukaan positif, elektron ini akan berubah.

Ilustrasi sentuhan. (pexels/Lisa Fotios)Ilustrasi sentuhan. (pexels/Lisa Fotios)

Fenomena ini dapat dicontohkan dengan menggosokkan balon ke rambut. Balon dengan muatan negatif akan menciptakan listrik statis yang membuat rambut menjadi berdiri.

Menjawab pertanyaan mengenai rasa kesetrum yang muncul saat menyentuh orang lain atau benda. Jangan panik jikalau mengalami hal serupa ya.

Comments