Menyusuri Tempat yang Pernah Disinggahi Nabi Muhammad SAW (Bagian I)

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Menyusuri Tempat yang Pernah Disinggahi Nabi Muhammad SAW (Bagian I)

Menyusuri Tempat yang Pernah Disinggahi Nabi Muhammad SAW (Bagian I)

KEPONEWS.COM - Menyusuri Tempat yang Pernah Disinggahi Nabi Muhammad SAW (Bagian I) MENYUSURI tempat-tempat yang memiliki sejarah agama Islam sangatlah indah dilakukan selama Ramadan. Apalagi, kalau Anda berkesempatan menapaki tempat-tempat yang pernah dibangun atau disinggahi Nabi M...

MENYUSURI tempat-tempat yang memiliki sejarah agama Islam sangatlah indah dilakukan selama Ramadan. Apalagi, kalau Anda berkesempatan menapaki tempat-tempat yang pernah dibangun atau disinggahi Nabi Muhammad SAW.

Berikut tempat- tempat bersejarah Agama Islam yang pernah disinggahi bahkan dibangun Nabi Muhammad SAW di Dunia seperti dilansir dari video ala Muslim Pedia.

1. Masjidil Haram

Masjidil Haram yang terletak di kota Makkah menjadi yang tertua di dunia. Masjid ini selalu ramai dikunjungi umat Islam untuk beribadah salat, umrah, haji, dan belajar ilmu agama.

Masjid ini memiliki 7 menara dan 19 pintu gerbang yang masing-masing memiliki nama tersendiri, Bab Al- Salam yang berarti pintu Salam tempat orang yang pertama memasukinya akan melakukan tawaf, dan Bab As-Safa atau pintu Safa pintu keluar menuju Bukit Safa untuk melakukan sai.

Dalam Masjidil Haram terdapat Ka'bah makam Nabi Ibrahim AS, Hajar Aswat atau batu hitam dan sumur Zam-Zam.

2. Masjid Al Aqsa

Masjid tertua kedua di dunia setelah Masjidil Haram. Masjid Al Aqsa terletak di sebuah kompleks kota Yerusalem, Palestina.

Masjid Aqsa disebut dalam Alquran karena berkaitan dengan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW melakukan Isra atau perjalanan malam hari dari Masjidil Haram ke Masjid Al Aqsa, sebelum Miraj ke Sidratul Muntaha.

Masjid Al Aqsa wajib dikunjungi kaum Muslim sesuai anjuran Nabi Muhammad SAW. Dalam kompleks Masid Al Aqsa terdapat kubah Ash-Shakhrah atau masjid umat.

3. Masjid Al Nabawi

Masjid Nabawi merupakan masjid kedua yang dibangun Nabi Muhammad SAW setelah hijrah ke Madinah. Masjid Nabawi dibangun pada Rabiulawal, tepatnya 1 September 622 masehi.

Pada Masa Nabi Muhammad SAW dan Khulafaur Rasyidin atau empat orang khalifah besar, masjid ini difungsikan menjadi tempat ibadah, menuntut ilmu, dan merencanakan kegiatan kemasyarakatan.

Hingga kini jamaah Haji selalu berziarah ke makam Nabi Muhammad SAW yang terletak di dalam masjid Nabawi. Selain itu, di dalam masjid Nabawi juga terdapat makamAbu Bakar As Siddiq dan Umar bin Khattab.

Pada bagian lain dari Masjid Nabawi terdapat taman atau raudhah yang terletak di antara bekas rumah Nabi Muhammad SAW dan Mimbar.

4. Bukit Safa dan Marwah

Bukit Safa dan Marwah terletak di sebelah Selatan dan Utara Masjidil Haram, Makkah. Bukit ini merupakan tempat Siti Hajar, istri Nabi Ibrahim AS mencarikan air untuk anaknya Ismail AS. Siti Hajar berlari dari Bukit Safa dan turun hingga ke Bukit Marwah sampai 7 kali dan akhirnya secara tiba-tiba keluar air zam-zam dari dalam tanah.

Peristiwa ini kemudian diabadikan umat Islam dengan melakukan Sai atau lari-lari kecil ketika menunaikan ibadah Haji.

5. Gua Hira

Gua Hira merupakan suatu celah sempit di Gunung Hira atau Jabal Nur atau Gunung Cahaya. Lokasi Gua Hira terletak di pinggir jalan menuju Ji'ranah kurang lebih 6 kilometer di sebelah timur laut kota Makkah.

Gua ini digunakan Nabi Muhammad SAW untuk bertafakur dan beribadah sebelum menjadi Nabi dan mendapatkan wahyu pertama dari Allah SWT sekaligus dinobatkan sebagai rasul.

Menyusuri Tempat yang Pernah Disinggahi Nabi Muhammad SAW (Bagian I)

Comments