Menyusui si Kakak di Tengah Hamil Adiknya, Berhenti atau Lanjut Ya?

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Menyusui si Kakak di Tengah Hamil Adiknya, Berhenti atau Lanjut Ya?

Menyusui si Kakak di Tengah Hamil Adiknya, Berhenti atau Lanjut Ya?

KEPONEWS.COM - Menyusui si Kakak di Tengah Hamil Adiknya, Berhenti atau Lanjut Ya? SAAT tengah melewati momen nyaman menyusui anak pertama, tiba-tiba Moms diberi tahu dokter kandungan kalau hamil anak kedua. Pasti hal itu bikin galau, karena berpikir harus berhenti menyusuikah atau...
Loading...

SAAT tengah melewati momen nyaman menyusui anak pertama, tiba-tiba Moms diberi tahu dokter kandungan kalau hamil anak kedua. Pasti hal itu bikin galau, karena berpikir harus berhenti menyusuikah atau melanjutkannya ya?

Mitosnya, ketika hamil lagi Moms tidak boleh lagi menyusui anak pertama karena banyak hal. Patahkan pernyataan tersebut, karena bila Moms ingin tetap menyusui si kakak tetap diperbolehkan.

Spesialis Anak dr Elizabeth Yohmi SpA dari RS Carolus Jakarta mengatakan, menyusui di saat hamil diperbolehkan saja. Asalkan tidak ada riwayat gangguan kehamilan yang dialami sang ibu.

"Menyusui kalau lagi hamil tidak masalah. Yang penting anak yang disusui tidak lahir prematur dan janin dalam kandungan tidak punta riwayat buruk," ujar dr Yohmi di sela-sela Kampanye #gembiramenyusui oleh Mothercare di daerah Menteng, Jakarta Pusat, Rabu 18 Juli 2018.

Lalu yang harus diperhatikan selanjutnya merupakan ketika kontraksi berlebihan pada kehamilannya, pada trimester kedua misalnya, tidak disarankan untuk menyusui. Namun saat terjadi kontraksi yang wajar-wajar saja, Moms harus melanjutkan menyusui si kakak.

Ibu Menyusui

Kalau Kamu berhasil menyusui saat bayi lahir nanti, serunya bisa mendapat pengalaman nursing tandem (menyusui kedua anaknya). Tapi tetap diutamakan si adik harus mendapatkan nutrisi dari ASI langsung yang diberikan hingga 6 bulan.

Nah, tentunya si kakak kebutuhan mendapatkan ASI terus berkurang seiring bertambahnya usia. Alih-alih kalau usianya di atas 1 tahun, berilah dia pengertian supaya mau bergantian dengan si adik.

"Si kakak harus diberi pengertian, jikalau ingin minum ASI mintanya harus baik-baik, tidak boleh merebut, apalagi kalau si adik sedang menyusu. Lama-lama dia akan tahu dan mengalah," tambahnya.

dr Yohmi menyebutkan, selama Moms menjalani tandem nursing akan banyak hal menarik yang didapatkan. Terlebih Kamu bisa membuatkan kasih sayang antara kakak-adik, yang sebenarnya tidak semua ibu merasakan momen bahagia ini.

(hel)

Loading...

Comments