Menurut BNPB, Pantai Selatan Jawa Punya Potensi Tsunami Tinggi

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Menurut BNPB, Pantai Selatan Jawa Punya Potensi Tsunami Tinggi

Menurut BNPB, Pantai Selatan Jawa Punya Potensi Tsunami Tinggi

KEPONEWS.COM - Menurut BNPB, Pantai Selatan Jawa Punya Potensi Tsunami Tinggi Ilustrasi arus Rip Current di Pantai Parangtritis. (/Iqbal Arif) Pantai selatan Jawa punya daya tarik tersendiri bagi masyarakat, salah satunya pariwisata. Namun ternyata, daerah ini punya potensi ti...

Ilustrasi arus Rip Current di Pantai Parangtritis. (/Iqbal Arif)

Pantai selatan Jawa punya daya tarik tersendiri bagi masyarakat, salah satunya pariwisata. Namun ternyata, daerah ini punya potensi tinggi tsunami.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan, potensi bencana alam tsunami di pantai selatan Jawa sangat tinggi sehingga perlu diwaspadai agar masyarakat pesisir pantai lebih sadar terhadap ancaman bencana tersebut yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

"Ini kan baru potensi ya, bukan prediksi. Namanya potensi ada," kata Direktorat Pemberdayaan Masyarakat BNPB, Wartono di sela-sela kegiatan sosialisasi ancaman bencana alam di Lapan, Cikelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Selasa (6/8/2019).

Ia menuturkan, peringatan potensi tsunami itu tujuannya bukan untuk menakuti masyarakat, tetapi sekadar mengingatkan masyarakat agar lebih sadar dan selalu waspada dalam menghadapi bencana alam.

"Seperti tsunami besar itu, kami tak menakut-nakuti masyarakat, malah ingin mengedukasi," katanya.

Ia memberikan, BNPB berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat salah satunya dengan melakukan kegiatan Ekspedisi Desa Tangguh Bencana (Destana) Tsunami.

"Salah satu mengedukasi masyarakat itu seperti selalu menyaring berita yang diterima soal bencana, jangan tergoda berita hoaks, harus dicek dulu kebenarannya," katanya.

Ilustrasi Pantai Selatan Cilacap. [Teguh Lumbiria]Ilustrasi Pantai Selatan Cilacap. [Teguh Lumbiria]

Upaya lain mengantisipasi ancaman tsunami, kata dia, dengan telah dipasangnya alat Early Warning System (EWS) di pantai selatan Jawa di antaranya wilayah pantai Kabupaten Garut yang sudah dipasang delapan EWS.

Ia menambahkan, BNPB juga melakukan mitigasi dan mengevaluasi setiap desa terkait ketangguhan dan kesiapannya terhadap ancaman bencana alam.

"Kami juga terus sosialisasi soal mitigasi, evaluasi juga di setiap desa soal ketangguhan bencananya," katanya.

Sosialisasi wacana ancaman bencana alam itu diikuti masyarakat dan pelajar di wilayah pesisir pantai selatan Kabupaten Garut dengan pemandu yang terlatih dari BNPB.

Itulah penjelasan mengenai potensi tsunami tinggi di Pantai Selatan Jawa dari BNPB. ( Liberty Jemadu).

Comments