Menteri LHK Sebut Pemerintah Provinsi NTT Tidak Bisa Langsung Tutup Taman Nasional Komodo

Nasional

News / Nasional

Menteri LHK Sebut Pemerintah Provinsi NTT Tidak Bisa Langsung Tutup Taman Nasional Komodo

Menteri LHK Sebut Pemerintah Provinsi NTT Tidak Bisa Langsung Tutup Taman Nasional Komodo

KEPONEWS.COM - Menteri LHK Sebut Pemerintah Provinsi NTT Tidak Bisa Langsung Tutup Taman Nasional Komodo Laporan Wartawan Tribunnews, Seno Tri Sulistiyono JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menegaskan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur tidak dapat melakukan penutupan sementa...

Laporan Wartawan Tribunnews, Seno Tri Sulistiyono

JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menegaskan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur tidak dapat melakukan penutupan sementara Taman Nasional Komodo tanpa berkoordinasi dengan pemerintah pusat.

"Iya belum bisa (ditutup), pemerintah daerah harus konsultasi dan harus di dalam koridor urusan yang ditangani Dirjen Konservasi," ujar Menteri LHK Siti Nurbaya di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (24/1/2019).

Siti memaparkan, dalam penutupan taman nasional yang bertujuan untuk melakukan perbaikan tata kelola, khususnya menyokong tujuan konservasi harus berdasarkan Undang-Undang Kehutanan, UU Konservasi, UU Pemerintah Daerah, dan Peraturan Pamerintah wacana pembagian urusan.

Pengacara Ini Khusus Membantu Pekerja Indonesia Saat Berhenti Bekerja Dari Perusahaan Jepang

"Konservasi itu urusan pemerintah pusat," ucap Siti.

Meski hal tersebut urusan pemerintah pusat, Siti mengapresiasi ide dan gagasan Gubernur NTT Viktor Lasikodat untuk memperbaiki Taman Nasional Komodo.
Terlebih, KLHK telah memberikan ruang bahwa taman nasional Indonesia dapat dijadikan sumber pusat pertumbuhan wilayah.

Fitriani Tumbang, Tuan Rumah Tak Lagi Punya Wakil di Tunggal Putri Indonesia Masters 2019

"Saya kira ide pak Gubernur kita harus dengar, tapi saya sudah bilang dengan pak Dirjen dan sekarang sedang dikerjakan, collect atau kumpulkan semua berita dari lapangan di taman nasional sudah ada master plan dan ada zona-zonanya dan sekaligus cek apa yang jadi masalah di Taman Nasional Komodo," ujar Siti.

Menurutnya, setelah data-data terkumpul dengan baik maka dibuat pertemuan antara pemerintah daerah dan pusat untuk mencari solusi terbaik penanganan Taman Nasional Komodo.

"Setelah data di kumpulkan, Pemda provinsi NTT kita undang dan kita carikan jalan keluarnya, yang penting sasaran pemdanya kita capai," ucap Siti.

Seorang Perempuan Gunakan Mulutnya Coba Selundupkan Sabu 14 Gram ke Lapas Banceuy

Gubernur NTT Viktor Lasikodat sebelumnya menyebut, revitalisasi menjadi alasan utama dirinya menutup Taman Nasional Komodo.

Menteri LHK Sebut Pemerintah Provinsi NTT Tidak Bisa Langsung Tutup Taman Nasional Komodo

Comments