Menristek: Tahapan Laboratorium Vaksin Merah Putih Sudah Hampir 100%

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Menristek: Tahapan Laboratorium Vaksin Merah Putih Sudah Hampir 100%

Menristek: Tahapan Laboratorium Vaksin Merah Putih Sudah Hampir 100%

KEPONEWS.COM - Menristek: Tahapan Laboratorium Vaksin Merah Putih Sudah Hampir 100% PROSES pengembangan Vaksin Merah Putih buatan dalam negeri terus digenjot. Ini untuk mempercepat pengadaan vaksin covid-19 di Indonesia. Terkait perkembangannya, Menteri Riset dan Teknologi (Menristek...

PROSES pengembangan Vaksin Merah Putih buatan dalam negeri terus digenjot. Ini untuk mempercepat pengadaan vaksin covid-19 di Indonesia.

Terkait perkembangannya, Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang Brodjonegoro mengatakan sampai saat ini tahapan laboratorium Vaksin Merah Putih sudah mencapai hampir 100 persen.

Menristek Bambang Jelaskan Alasan Pengembangan Vaksin di Indonesia Butuh Waktu Lama

Ia mengatakan, kemungkinan akhir Maret 2021 bibit Vaksin Merah Putih akan diserahkan ke pihak PT Bio Farma.

Ilustrasi Vaksin Merah Putih. (Foto: Pressfoto/Freepik)

"Vaksin Merah Putih ini rencananya mungkin dekat akhir bulan ini kita akan serahkan bibit vaksinnya ke Bio Farma. Jadi tahapan di laboratorium sudah hampir 100 persen. Tahapan berikutnya tak kalah menantang adalah di bagian manufacturing-nya," kata Menristek Bambang Brodjonegoro dalam webinar 'Inovasi Pulihkan Indonesia', Selasa (2/3/2021).

Baru Ditemukan Tadi Malam, Varian Baru Covid-19 dari Inggris Masuk Indonesia

Dia mengungkapkan, tahapan produksi Vaksin Merah Putih yang harus dilakukan berikutnya masih begitu kompleks.

"Setelah Bio Farma dapat bibit vaksin, mereka harus lakukan proses meningkatkan secara optimal, purifikasi (pembersihan), baru kemudian uji klinis 1, 2, hingga uji klinis 3. Sebelum nantinya dapat izin penggunaan darurat dari Badan POM. Baru setelah itu diproduksi massal dan baru dilanjutkan untuk program vaksinasi," pungkasnya.

(han)

Comments