Menparekraf Wishnutama Pastikan Kesiapan Fasilitas Transportasi untuk Tenaga Medis

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Menparekraf Wishnutama Pastikan Kesiapan Fasilitas Transportasi untuk Tenaga Medis

Menparekraf Wishnutama Pastikan Kesiapan Fasilitas Transportasi untuk Tenaga Medis

KEPONEWS.COM - Menparekraf Wishnutama Pastikan Kesiapan Fasilitas Transportasi untuk Tenaga Medis Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memastikan kesiapan sarana transportasi yang akan digunakan tenaga medis untuk mobilisasi dari rumah sakit ke hotel y...

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memastikan kesiapan sarana transportasi yang akan digunakan tenaga medis untuk mobilisasi dari rumah sakit ke hotel yang telah disiapkan untuk mereka dalam menjalani tugas penanganan wabah COVID-19.

Menurut penjelasan Menparekraf Wishnutama, hal terpenting dalam kerja sama ini ialah memastikan kesiapan pihak transportasi dalam menerapkan Standard Operational Procedure (SOP) kesehatan yang telah ditetapkan Kementerian Kesehatan yang sejalan dengan standarisasi WHO.

Agar bisa memberikan rasa aman dan nyaman bagi tenaga medis dalam menjalankan tugas mereka sebagai garda terdepan penanganan wabah COVID-19, maka penerapan standar kesehatan ini ialah hal utama yang harus diperhatikan, kata Wishnutama saat meninjau sarana transportasi yang disiapkan PT Blue Bird Tbk, seperti dikutip dari siaran pers, Selasa 31 Maret 2020.

Kemenparekraf sebelumnya menjalin kerja sama dengan hotel dan juga penyedia sarana transportasi untuk memberikan tempat menginap dan transportasi bagi tenaga medis. Kerja sama ini sejalan dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 4 Tahun 2020 wacana Pemfokusan Ulang (refocusing) kegiatan, realokasi anggaran, serta pengadaan barang dan jasa untuk percepatan penanganan COVID-19.

Menparekraf Wishnutama

Dalam peninjauan itu, Menparekraf juga didampingi Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo, Staf Ahli Bidang Reformasi Birokrasi dan Regulasi yang juga sebagai juru bicara Satgas COVID-19 Kemenparekraf Ari Juliano Gema, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Rizki Handayani, dan Staf Khusus Bidang Keamanan Adi Deriyan Jayamarta. Mereka melihat langsung prosedur kesehatan yang diterapkan PT Blue Bird.

Mulai dari pemeriksaan kesehatan para pengemudi, tata cara pembersihan dan sterilisasi taksi, serta tata cara pembersihan dan sterilisasi bus. Wishnutama pun memastikan bahwa semuanya telah menerapkan prosedur kesehatan dengan baik dan siap menjalani kerja sama ini.

Ia mengatakan, saat ini Indonesia sedang berjuang keras menghadapi pandemi COVID-19. Karenanya dibutuhkan dukungan dari masing-masing pihak untuk menjalankan prosedur kesehatan dengan baik sebagai langkah antisipasi.

Sehingga tidak hanya memberikan rasa aman dan nyaman bagi tenaga medis, tapi juga pekerja transportasi yang bertugas nanti, ujarnya.

Selanjutnya

Comments