Menparekraf Sandiaga Uno Sebut Desa Wisata Pecinaan Glodok Punya Storynomics Kuat

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Menparekraf Sandiaga Uno Sebut Desa Wisata Pecinaan Glodok Punya Storynomics Kuat

Menparekraf Sandiaga Uno Sebut Desa Wisata Pecinaan Glodok Punya Storynomics Kuat

KEPONEWS.COM - Menparekraf Sandiaga Uno Sebut Desa Wisata Pecinaan Glodok Punya Storynomics Kuat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyebut Desa Wisata Pecinan Glodok, Jakarta Barat, mempunyai storynomics tourism. Hal itu karena desa wisata tersebut karena merupaka...

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyebut Desa Wisata Pecinan Glodok, Jakarta Barat, mempunyai storynomics tourism. Hal itu karena desa wisata tersebut karena merupakan hasil akulturasi dari budaya Tionghoa, Sunda, Betawi, hingga Jawa.

Saya melihat Desa Wisata Pecinan Glodok ini mempunyai potensi sebagai daya tarik wisata budaya dan sejarah. Tadi kita sudah melihat banyak sekali pertunjukan tarian dari Betawi, wushu, dan lainnya. Desa ini mempunyai storynomics yaitu cerita yang akan bisa menarik wisatawan," kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam keterangannya, Senin, (27/6/2022).

Desa wisata yang terletak di Kecamatan Taman Sari, Kabupaten Glodok, Jakarta Barat ini, merupakan salah satu desa wisata yang masuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Menparekraf Sandiaga Uno Sebut Desa Wisata Pecinaan Glodok Punya Storynomics Kuat. (Dok: Kemenparekraf)Menparekraf Sandiaga Uno Sebut Desa Wisata Pecinaan Glodok Punya Storynomics Kuat. (Dok: Kemenparekraf)

Di desa ini, wisatawan akan dimanjakan dengan bangunan yang mempunyai arsitektur unik dan ornamen-ornamen China, di antaranya Pancoran Chinatown Point yang merupakan destinasi baru dan tempat strategis bersejarah di Pusat Kota, yang memadukan bangunan hunian klasik-elegan, dengan area komersial serta Citywalk dan Mal tematik.

Anies Baswedan Berpotensi Terkena Pembingkaian Politik Identitas, Pengamat: Siapa Saja Bisa Disasar

Ada juga, Gang Gloria, yang merupakan salah satu pusat jajanan di daerah Pancoran-Glodok, Jakarta. Dan yang paling tersohor, ada Petak Enam, merupakan tempat wisata masakan yang terletak di Glodok, tepatnya di Gedung Chandra Glodok. Bangunan Petak Enam pun mempunyai desain dan arsitektur yang unik karena bernuansa China dengan hiasan lampion merah dan ornamen-ornamen khas China.

Selain itu, Desa Wisata Pecinan Glodok ini juga mempunyai kesenian yang khas yang tak kalah menarik, seperti Tanjidor; Ondel-ondel; Silat Beksi; Barongsai. Dan ragam budaya yang menarik perhatian wisatawan, di antaranya Cap Go Meh, Candra Naya; dan Klenteng Toa Se Bio.

Menparekraf juga mengunjungi Toa Se Bio yaitu salah satu Klenteng yang berada di Desa Wisata Pecinan Glodok untuk melihat ritual pengobatan Tang Sin, yaitu sebuah pengobatan tradisional spiritual yang berlangsung pada saat Cap Go Meh dan Hari Ulang Tahun Klenteng Toa Se Bio. Ia turut melakukan Fang sen atau pelepasan burung dengan jumlah 53 ekor.

Saya berharap dengan kuatnya ragam budaya yang terdapat di desa ini bisa menarik kunjungan wisatawan, sehingga akan bisa menjadi peluang untuk kebangkitan ekonomi, membuka peluang usaha, dan lapangan kerja seluas-luasnya, ujar Menparekraf.

Pada kesempatan yang sama, Menparekraf membuka acara Festival Pecinan Glodok yang menampilkan banyak sekali atraksi dan pertunjukan seperti Silat, Barongsai, Kungfu, Tarian Betawi, Teknik Pembuatan Jamu, dan lain-lain.

Menparekraf Sandiaga Uno Beri Dukungan UMKM dan Dalang Cilik di Lombok

Di Petak 6 ini saya membuka Festival Pecinan Glodok, selamat menikmati pertunjukan yang luar biasa ini, kata Menparekraf.

Comments