Menkumham Pastikan SKB untuk Mantan Anggota HTI Tidak akan Represif

Nasional

News / Nasional

Menkumham Pastikan SKB untuk Mantan Anggota HTI Tidak akan Represif

Menkumham Pastikan SKB untuk Mantan Anggota HTI Tidak akan Represif

KEPONEWS.COM - Menkumham Pastikan SKB untuk Mantan Anggota HTI Tidak akan Represif Laporan Wartawan Tribunnews, Fahdi FahleviJAKARTA - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna Hamonangan Laoli, menegaskan bahwa SKB perihal Peringatan dan Pembinaan Terhadap Mantan An...

Laporan Wartawan Tribunnews, Fahdi Fahlevi

JAKARTA - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna Hamonangan Laoli, menegaskan bahwa SKB perihal Peringatan dan Pembinaan Terhadap Mantan Anggota Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) tidak akan bersifat represif.

"Kita tidak represif, tetapi berupaya akomodatif. Karena kita bersama-sama punya bangsa ini, tidak ada bangsa ini milik semua," ujar Yasonna di Kemenkumham, Jakarta, Minggu (27/8/2017).

Yasonna mengungkapan bahwa SKB tersebut hanya bersifat mengimbau kepada mantan anggota HTI untuk kembali pada ideologi bangsa.

Menurutnya, dengan SKB tersebut diharapkan para mantan anggota HTI tidak akan kembali memiliki perbedaan ideologi.

"Jadi itu kan hanya mengimbau, kepada orang yang selama ini terlibat kepada upaya atau paham yang tidak sesuai dengan dasar dan ideologi negara. Supaya mari kita sama-sama membangun bangsa ini, sesuai ideologi bangsa," terang Yasonna.

Sedihnya Sri dan Sang Suami Lima Jam Perjalanan ke Jakarta Tapi Tak Bisa Ambil Paspor

Sebelumnya, Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kementerian Dalam Negeri, Soedarmo mengatakan, finalisasi SKB ketika ini tinggal menunggu tanda tangan tiga menteri, yakni Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Hamonangan Laoly, serta Jaksa Agung HM Prasetyo.

SKB merupakan tindak lanjut setelah Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum Kementerian Hukum dan HAM mencabut status badan hukum ormas HTI.

Diketahui, Ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) resmi dibubarkan oleh pemerintah.

HTI yang tercatat di Kemenkumhan No AHU-00282.60.10.2014 itu dicabut pada Rabu (19/7/2017).

Menkumham Pastikan SKB untuk Mantan Anggota HTI Tidak akan Represif

Comments