Menkominfo Jamin Keamanan Data saat Pejabat Negara Rapat via Zoom

Nasional

News / Nasional

Menkominfo Jamin Keamanan Data saat Pejabat Negara Rapat via Zoom

Menkominfo Jamin Keamanan Data saat Pejabat Negara Rapat via Zoom

KEPONEWS.COM - Menkominfo Jamin Keamanan Data saat Pejabat Negara Rapat via Zoom JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate memastikan software Zoom untuk rapat virtual yang dilakukan pejabat negara, terjamin keamanan datanya. Johnny memaparkan, Kemenkominfo telah...

JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate memastikan software Zoom untuk rapat virtual yang dilakukan pejabat negara, terjamin keamanan datanya.

Johnny memaparkan, Kemenkominfo telah komunikasi dengan Kantor Staf Presiden dan Sekretaris Kabinet dalam penyelenggaraan rapat virtual pejabat negara, untuk menjamin data maupun berita negara.

"Ini dilakukan untuk menjaga seluruh komunikasi penting dilakukan, termasuk ratas (rapat terbatas) itu dijaga dengan baik," ucap Johnny saat rapat virtual dengan Komisi I DPR, Jakarta, Selasa (7/4/2020).

Menurut Johnny, pelaksanaan rapat virtual pejabat negara maupun Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah diatur oleh Sekretaris Kabinet.

Dampak Corona, Seleksi Sekolah Kedinasan Tahun 2020 Ditunda

Bek Manchester City Lagi-lagi Langgar Aturan Lockdown di Inggris

"Sehingga kerahasiaan itu bisa terjamin. Seluruh rapat, termasuk rapat terbatas yang sifatnya rahasia itu bisa dijamin kerahasiaannya dan ini manajemennya atau kendali ada di kantor Sekretaris Kabinet," papar Johnny.

Sebelumnya, anggota Komisi I DPR Nurul Arifin saat rapat virtual khawatir penggunaan software Zoom yang dilakukan pemerintah saat rapat virtual, tidak terjamin keamanannya.

"Zoom dikatakan tidak aman, bisa rembes, bisa didengar dan direkam. Apakah Menkominfo tidak membuat sendiri software untuk memberikan layanan seperti ini sementara," ujar Nurul.

Menurut Nurul, anggota dewan saat ini pun memakai zoom saat melakukan rapat-rapat. Sehingga, ke depan perlu ada software rapat virtual yang dibuat sendiri oleh Kemenkominfo dalam menjamin kerahasiaan data.

"Sekarang ini kami juga harus punya Zoom, (software) nanti seperti Zoom yang bapak bisa manage sendiri," tutur politikus Partai Golkar itu.

Diketahui, semenjak pemerintah mengeluarkan imbauan psysical distancing, sejumlah rapat di pemerintahan maupun di DPR memakai software virtual seperti Zoom.

Menkominfo Jamin Keamanan Data saat Pejabat Negara Rapat via Zoom

Comments