Menkes Terawan Ungkap 4 Cara Kembangkan Wisata Kesehatan di Indonesia

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Menkes Terawan Ungkap 4 Cara Kembangkan Wisata Kesehatan di Indonesia

Menkes Terawan Ungkap 4 Cara Kembangkan Wisata Kesehatan di Indonesia

KEPONEWS.COM - Menkes Terawan Ungkap 4 Cara Kembangkan Wisata Kesehatan di Indonesia Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mulai serius menggarap wisata kesehatan di Indonesia. Wisata kesehatan dinilai mempun...
Loading...

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mulai serius menggarap wisata kesehatan di Indonesia.

Wisata kesehatan dinilai mempunyai peluang besar untuk mendatangkan devisa negara. Ada 4 klaster wisata kesehatan yang rencananya akan dikembangkan.

Keempat klaster itu ialah wisata medis, wisata kebugaran dan jamu, wisata olahraga yang menyokong kesehatan, dan wisata ilmiah kesehatan. Saat ini yang tengah menjadi fokus pemerintah merupakan wisata kebugaran dan jamu. Adapun destinasi wisata yang ditentukan adalah wilayah Joglosemar (Yogyakarta, Solo, Semarang), Bali, dan DKI Jakarta.

laki-laki di panggung

Menurut Menteri Kesehatan (Menkes) Letjen TNI (Purn) Dr. dr Terawan Agus Putranto, Sp.Rad (K), ada empat cara yang bisa dilakukan guna mengembangkan wisata kesehatan di Tanah Air.

Pertama, meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia untuk berwisata kesehatan. Caranya dengan membuat inovasi supaya tujuan wisatawan benar-benar mempercayakan kesehatannya di Tanah Air.

"Harus membuat inovasi-inovasi yang tidak ada di tempat lain. Kalau di tempat lain juga ada, maka harus lebih hebat. Tapi kalau mau lebih dari tempat lain, investasinya mahal, sedangkan kalau membuat inovasi investasinya murah, tinggal dipilih saja," ujar Menkes Terawan saat ditemui Okezone dalam acara Peluncuran Katalog Wisata Kesehatan dan Skenario Perjalanan Wisata Kebugaran, Selasa (19/11/2019) di Jakarta.

Lebih lanjut dirinya menerangkan, cara kedua ialah mencegah wisatawan domestik untuk melakukan wisata kesehatan ke negara lain. Oleh karenanya, pelayanan kesehatan di Tanah Air harus ditingkatkan menjadi lebih baik.

Selanjutnya
Loading...

Comments