Menjelajah Taman Nasional Baluran

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Menjelajah Taman Nasional Baluran

Menjelajah Taman Nasional Baluran

KEPONEWS.COM - Menjelajah Taman Nasional Baluran Laporan Wartawan Surya, Wiwit PurwantoSITUBONDO- Hamparan padang savana yang luas terdapatdi Taman Nasional Baluran, Situbondo, Jawa Timur. Tak perlu jauh jauh pergi ke Afrika.Taman nasional tersebut...

Laporan Wartawan Surya, Wiwit Purwanto

SITUBONDO- Hamparan padang savana yang luas terdapatdi Taman Nasional Baluran, Situbondo, Jawa Timur. Tak perlu jauh jauh pergi ke Afrika.

Taman nasional tersebut secara administrati termasuk wilayah Situbondo.Namun, jaraknya lebih dekat dari Banyuwangi. Pintu gerbang utamanya terletak di jalan Situbondo-Banyuwangi akses utama jalur Pantura Utara menuju Bali.

Bila dari Surabaya menuju Pelabuhan Ketapang melalui jalur pantura, tentu akan melewati taman nasional ini.

Taman nasional seluas 25 ribu hektare itu,terletak di Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo. Taman itu sering dijuluki sebagai Africa van Java atau Little Africa.

Julukan itu rasanya tak berlebihan. Sejauh mata memandang yang tampak merupakan padang tandus, pohon-pohon kering dan bebatuan. Sedangkan, satwa liar yang hidup di taman nasional itumerupakan rusa, kerbau, banteng, monyet ekor panjang, danburung merak.

Keberadaan ekosistem savana ini menjadi ciri khas daerah konservasi Taman Nasional Baluran. Nama dari taman nasional ini diambil dari nama gunung yang berada di daerah ini, yaitu Gunung Baluran.

Hampir seluruh tipe hutan ada di taman nasional ini. Misalvegetasi savana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa, dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun. Tapi,40 persen di antaranya merupakan vegetasi savana.

Di dalam taman nasional ini terdapat 444 jenis tumbuhan.Di antaranya tumbuhan asli yang khas dan menarik yaitu widoro bukol, mimba, dan pilang.

Selain itu, Baluran juga sebagai tempat asal26 jenis mamalia. Misalnyabanteng, kerbau, ajag, kijang, rusa, macan tutul, dan kucing bakau. Satwa lainnya merupakan burung burung yang menggantungkan hidup di hutan ini.

Banteng (bos Javanicus) menjadi maskot taman nasional Baluran. Untuk masuk area ini akan retribusi di pos jaga. Selanjutnya dari pintu utama ini akan menjelajah lagi sekitar 12 kilometer untuk mencapai padang savana Bekol.

Menjelajah Taman Nasional Baluran

Comments