Menjajal Nikmatnya Kuliner Basque Asal Spanyol

Food & Kuliner

Travel / Food & Kuliner

Menjajal Nikmatnya Kuliner Basque Asal Spanyol

Menjajal Nikmatnya Kuliner Basque Asal Spanyol

KEPONEWS.COM - Menjajal Nikmatnya Kuliner Basque Asal Spanyol Spanyol bukan hanya terkenal dengan keindahan alam dan budayanya saja atau negara dengan segudang pemain sepak bola bertalenta. Spanyol juga ternyata terkenal dengan deretan sajian lezat. Banyak wisat...
Loading...

Spanyol bukan hanya terkenal dengan keindahan alam dan budayanya saja atau negara dengan segudang pemain sepak bola bertalenta. Spanyol juga ternyata terkenal dengan deretan sajian lezat. Banyak wisatawan yang datang ke Spanyol dan rela melakukan perjalanan ribuan kilometer jauhnya untuk menikmati makanan lokal khas negara tersebut.

Beruntungnya, saat ini masyarakat tidak perlu jauh-jauh ke Spanyol lantaran dapat mengunjungi restoran Spanyol yang mempunyai spesialisasi dalam masakan Basque, adalah Txoko yang terletak di daerah Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Masakan Basque sendiri mengacu pada masakan yang terdiri dari marmitako (hidangan tuna) dan lamb stew (sup daging domba), ikan cod, daging dan ikan yang dipanggang di atas bara api.

Selain itu ada kacang tolosa, paprika lokal, pintxos (tapas khas Basque yang terbuat dari irisan roti kecil), idiazabal cheese (keju domba), txakoli (sparkling wine) dan sari buah apel (cider) khas Basque.

Restoran Txoko.

Bukan hanya menunjukkan makanan khas Spanyol, restoran ini juga menyuguhkan tempat yang nyaman dengan desain interior yang Instagramable. Hal ini begitu terasa ketika memasuki restoran, d imana para tamu disambut oleh nuansa ruangan yang cerah, ceria dan bernuansa Mediterania.

Di sisi kiri pintu masuk, terdapat dapur terbuka dengan ubin berwarna biru, di mana makanan lezat disiapkan di sana. Dindingnya pun dilukis dengan tangan menghasilkan lukisan khas Basque. Salah satu karya arsitektur yang ditampilkan di restoran ini ialah The Comb of the Wind yang berlokasi di San Sebastian, Spanyol karya Eduardo Chillida.

Tujuan menghadirkan lukisan tangan The Comb of the Wind ialah untuk memamerkan ke-autentikan wilayah Basque.

Burrata salad with red pesto dressing di Txoko.

VIVA pun berkesempatan untuk merasakan menu-menu khas Basque mulai dari Australian beef tartare with apple juice, burrata salad with red pesto dressing, marinated salmon with mustard ice cream, Spanish omelette Lasao , garlic prawns pret-a-porter hingga grilled octopus with boletus cream.

Untuk hidangan burrata salad with red pesto dressing ini sendiri merupakan salad dengan keju dari susu kambing yang dilumuri dengan red pesto dressing. Kejunya terasa lebih light dan tidak tercium bau sama sekali. Sayurannya pun terasa begitu segar.

Masakan Basque Country asal Spanyol

Mengenal Masakan Basque Country asal Spanyol yang Menggiurkan

Menu di Panties Pizza.

Tergoda Kelezatan Pizza Calzone Khas Italia

Hidangan buka puasa di Sana Sini Restaurant, Pullman Jakarta.

Sajian Berbuka yang Menggoyang Lidah, Mie Goreng Jawa dan Beef Shish

Australian beef tartare with apple juice di Txoko.

Sedangkan menu Australian beef tartare with apple juice ini mirip dengan sashimi sehingga agak chewy ketika digigit, namun tidak alot dan juga tidak berbau amis. Kombinasi rasa daging, bawang dan jus apelnya sangat nikmat di mulut.

Marinated salmon with mustard ice cream di Txoko.

Beralih ke marinated salmon with mustard ice cream, dijamin daging salmon yang disajikan benar-benar segar. Mustard ice cream-nya sendiri memberikan kick dan rasa asam gurih pada ikan salmon.

Sementara Spanish Omelette Lasao merupakan omelet yang berisikan kentang yang dikukus dan dibumbui. Kalau umumnya omelet didominasi telur, yang satu ini lebih mayoritas dengan rasa kentangnya.

Spanish omelette, Lasao di Txoko.

Garlic prawns pret-a-porter.

Terakhir merupakan grilled octopus with boletus cream. Rasa guritanya sedikit hambar namun dengan boletus cream (seperti krim dari jamur) membuat hidangan ini mempunyai cita rasa gurih yang khas.

Bagi Kamu yang penasaran dengan ragam menu tadi, langsung saja datang ke Txoko. Untuk bersantap di sana, Kamu diharuskan merogoh kocek sekitar Rp200 ribu per orang. (ldp)

Txoko
Jalan Suryo No.6 Senopati, Kebayoran Baru,
Jakarta Selatan
Buka: 08.00-23.00 WIB
Telp: (021) 7236451

Comments