Menilik Mekanisme Antikythera, Komputer Tertua di Dunia

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Menilik Mekanisme Antikythera, Komputer Tertua di Dunia

Menilik Mekanisme Antikythera, Komputer Tertua di Dunia

KEPONEWS.COM - Menilik Mekanisme Antikythera, Komputer Tertua di Dunia JAKARTA - Perangkat komputer rupanya bukan menjadi hal yang baru. Komputer bahkan telah dikenal semenjak ratusan tahun yang lalu. Merupakan mekanisme Antikythera yang merupakan komputer astronomi anal...
Loading...

JAKARTA - Perangkat komputer rupanya bukan menjadi hal yang baru. Komputer bahkan telah dikenal semenjak ratusan tahun yang lalu. Merupakan mekanisme Antikythera yang merupakan komputer astronomi analog kuno dan menjadi komputer tertua di dunia.

Mekanisme Antikythera dapat melacak posisi planet, meramalkan waktu terjadinya gerhana bulan dan matahari, bahkan memberi gambaran akan Olimpiade berikutnya.

BERITA REKOMENDASI

Mekanisme Antikythera juga digunakan untuk pemetaan dan navigasi. Sebuah dial di bagian depan menggabungkan kalender zodiak dan matahari, sementara dial di belakang menangkap siklus surgawi.

Mulanya Antikythera ditemukan dalam bentuk artefak di sebuah kapal tenggelam bernama Antikythera, oleh Valerios Stais, 115 tahun yang lalu. Ketika itu, Valerios Stais memeriksa salah satu potongan artefak yang memiliki bentuk roda gigi di dalamnya.

Awalnya, Stais percaya bahwa benda tersebut ialah jam astronomi. Namun kemudian diketahui potongan logam yang terkorosi itu ternyata merupakan bagian dari mekanisme Antikythera.

Hingga kini, sejarawan masih terus mencari tujuan dan mekanisme kerja Antikythera. Sementara pengunjung Museum Arkeologi Nasional Yunani mengagumi kompleksitasnya yang rumit.

Menilik Mekanisme Antikythera, Komputer Tertua di Dunia

Comments