Menikmati panorama Bukit Tuamese, 'Raja Ampat' di NTT

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Menikmati panorama Bukit Tuamese, 'Raja Ampat' di NTT

Menikmati panorama Bukit Tuamese, 'Raja Ampat' di NTT

KEPONEWS.COM - Menikmati panorama Bukit Tuamese, 'Raja Ampat' di NTT Keindahan alam Raja Ampat memang sudah tidak diragukan lagi. Hampir semua orang ingin berkunjung kesana untuk bisa langsung menikmati keindahannya, namun tidak sedikit dari merek yang baru hanya bisa...

Keindahan alam Raja Ampat memang sudah tidak diragukan lagi. Hampir semua orang ingin berkunjung kesana untuk bisa langsung menikmati keindahannya, namun tidak sedikit dari merek yang baru hanya bisa bermimpi.

Pasalnya, untuk bisa berkunjung ke Raja Ampat, seseorang harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Namun tak perlu khawatir, karena Nusa Tenggara Timur (NTT) juga punya pesona tak kalah cantik, adalah Bukit Tuamese.

Meski belum banyak yang mengenalnya, bukit yang berada di Desa Tuamese, Kecamatan Biboki Anleu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur (NTT) itu mempunyai panorama yang tak kalah dengan Wayag di Raja Ampat atau pulau Padar di Labuan Bajo.

Bukit © 2019

Di puncak bukit itu siapapun bisa melihat hamparan tambak yang berubah layaknya danau. Di sisi sebelah Barat, birunya laut membentang sejauh mata memandang, dipadu dengan hijaunya vegetasi dari pohon lontar di pesisir pantai.

Hanya cukup mendaki 200 meter ke atas bukit, pengunjung bisa mencapai Bukit Tuamese. Namun saat mendaki harus berhati-hati karena jalur tracking yang curam dan berpasir. Di lokasi itu belum tersedia infrastruktur tangga seperti misalnya di Pulau Padar.

Bukit © 2019

Keindahan bukit yang dalam beberapa waktu terakhir populer di sosmed ini, makin naik pamornya saat dijadikan lokasi film garapan sutradara dan aktor Ari Sihasale. Bintang muda Pevita Pearce menjadi pemain utama, ibarat influencer yang makin menjadikan Bukit Tuamese membuat siapapun penasaran.

Lokasi Tuamese sendiri dekat dengan Kota Atambua yang merupakan pusat kota dari Kabupaten Belu. Hanya dibutuhkan sekitar 1 jam perjalanan dari pusat Kota Atambua. Jarak Tuamese juga relatif dekat dari negara tetangga Timor Leste.

Bukit © 2019

Untuk menuju lokasi Tuamese, pengunjung bisa menyewa kendaraan roda empat dengan pengemudi asal Atambua, opsi itu menjadi pilihan yang tepat. Alasannya adalah dibutuhkan pengemudi berpengalaman dan paham medan agar waktu tak terbuang sia-sia lantaran salah jalan. Terlebih lokasi tersebut juga belum dikenali oleh software Google Maps.

Jalur yang dilalui juga terbilang mulus meski masih ditemui beberapa jalan bebatuan. Pengunjung juga akan melewati bendungan Rotiklot yang baru rampung pengerjaannya. Sesampainya didaerah Ponu SP 1, desa terakhir sebelum sampai tujuan, lalu belok ke kanan menuju Bukit Tuamese.

Ada baiknya bertanya dan menyapa warga setempat di mana letak Bukit Tuamese. Jangan kaget dengan jawabannya karena warga setempat banyak yang menamainya Raja Ampat.

Sepanjang perjalanan dari Atambua, pengunjung harus berhati-hati dan waspada karena masih banyak hewan peliharaan warga seperti babi, anjing, dan sapi yang bebas berkeliaran melintasi jalanan.

Waktu terbaik untuk ke Tuamese bisa dilakukan kapan saja sepanjang hari. Terlebih saat matahari terbenam. Sebelum mendaki, wisatawan biasanya dipandu dengan pemandu-pemandu cilik atau warga setempat. Mereka tidak meminta uang melainkan hanya menemani hingga ke atas. Karena jauh sebelum tempat itu dikenal banyak orang, di sanalah arena bermain anak-anak pedesaan itu.

Untuk menuju TTU, bisa memakai jalur melalui Atambua. Terdapat 2 penerbangan dari Kupang menuju Bandar Udara AA Bere Tallo. Penerbangan ke Atambua dilayani memakai pesawat ATR dari maskapai Wings Air pada pagi dan siang hari. Memang sampai saat ini belum ada penerbangan langsung dari Jakarta ke Atambua. Jalur lain yang dapat digunakan sebagai alternatif adalah melalui jalan darat dari Kupang menuju Atambua dengan waktu perjalanan mencapai 7 jam.

Meski harus menempuh perjalanan yang tak sebentar, yakinlah bahwa semuanya akan terbayar dengan keindahan yang menyambut di Bukit Tuamese. Siapapun tak akan menyesal mengenalnya.

Recommended By Editor

Comments