Menikmati Keindahan Alam dari Candi Ceto, Salah Satu Candi Tertinggi di Indonesia

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Menikmati Keindahan Alam dari Candi Ceto, Salah Satu Candi Tertinggi di Indonesia

Menikmati Keindahan Alam dari Candi Ceto, Salah Satu Candi Tertinggi di Indonesia

KEPONEWS.COM - Menikmati Keindahan Alam dari Candi Ceto, Salah Satu Candi Tertinggi di Indonesia Daerah gunung Lawu tak cuma populer sebagai tempat pendakian tapi di sekitar lerengnya juga ada beberapa tempat wisata yang menarik. Salah satunya ialah Candi Ceto, salah satu candi tertinggi di Indon...

Daerah gunung Lawu tak cuma populer sebagai tempat pendakian tapi di sekitar lerengnya juga ada beberapa tempat wisata yang menarik. Salah satunya ialah Candi Ceto, salah satu candi tertinggi di Indonesia. Sempatkan kesini saat kamu berwisata ke Gunung Lawu ya!

Candi Ceto merupakan komplek tempat sembahyang umat Hindu yang dibangun pada akhir era Majapahit, sekitar abad ke-15 Masehi. Berada di lereng Gunung Lawu, tepatnya pada ketinggian 1496 mdpl menjadikan Candi Ceto sebagai salah satu candi tertinggi di Indonesia bersama Candi Ijo dan Candi Arjuna.

Candi yang berada di dusun Ceto, Desa Gumeg, kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah ini bisa dikunjungi dengan membayar tiket masuk Rp7.000 bagi wisatawan domestik dan Rp25.000 bagi wisatawan internasional. Di bagian depan, turis akan disambut sebuah gapura.

Meski berada dalam kondisi yang terawat apik tapi sebenarnya Candi Ceto telah dipugar ulang dengan mengubah struktur asli candi.

Candi Ceto

(Foto: Inst Ryanluthfi)

Pemugaran dilakukan pada akhir tahun 1970an oleh Sudjono Humardani, asisten pribadi presiden ke-2 RI Soeharto. Struktur asli yang masih dipertahankan ialah konsep punden berundak, yaitu 14 teras dari barat ke timur.

Sosok Agnes Jennifer Hebohkan KPK, Tampil Cantik saat Diperiksa

Selain sebagai tempat sembahyang, Candi Ceto juga menjadi tempat pertapaan para penganut peredaran Kejawen. Untuk menuju kesini, kamu bisa naik mobil atau motor dari Solo selama 1,5 jam tujuan Karanganyar. Setelah itu ikuti papan petunjuk menuju Candi Ceto atau Kebun Teh Kemuning. Candi Ceto berada tak jauh dari Kebun Teh Kemuning.

(DRM)

Comments