Mengulik Pentingnya Fungsi Ginjal yang Tak Sekedar Menangkal Radikal Bebas

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Mengulik Pentingnya Fungsi Ginjal yang Tak Sekedar Menangkal Radikal Bebas

Mengulik Pentingnya Fungsi Ginjal yang Tak Sekedar Menangkal Radikal Bebas

KEPONEWS.COM - Mengulik Pentingnya Fungsi Ginjal yang Tak Sekedar Menangkal Radikal Bebas ORGAN ginjal sangatlah berharga bagi manusia. Tak sekedar untuk menangkal radikal bebas, tapi banyak fungsi lainnya yang jarang diketahui. Selain jantung, otak dan hati, ginjal salah satu organ pentin...

ORGAN ginjal sangatlah berharga bagi manusia. Tak sekedar untuk menangkal radikal bebas, tapi banyak fungsi lainnya yang jarang diketahui.

Selain jantung, otak dan hati, ginjal salah satu organ penting bagi manusia. Fungsinya banyak sekali, terlebih bisa mencegah banyak risiko penyakit.

Konsultan Nefrologi Anak dr Eka Laksmi Hidayati,SpA(K) memaparkan, semenjak bayi dilahirkan, sudah terdapat fungsi ginjal yang baik. Ini sangat vital sekali, termasuk meliputi detoksifikasi darah, membantu tubuh untuk menyaring limbah, hingga membuangnya melalui urin.

"Selain itu, ginjal juga dapat meenjaga keseimbangan garam dan mineral dalam darah," ujarnya saat ditemui di daerah Kuningan, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Berbusana Seksi dengan Latex Dress, Manohara: "Saya Suka dengan Lekuk Tubuh Saya"

Dia menambahkan, ginjal juga berfungsi untuk mengatur tekanan darah dan memproduksi sel darah merah. Fungsi tersebut harus dinormalkan setiap hari agar tidak mengalami gangguan.

ginjal

Sebabnya, menurut dr Eka, ginjal dalam tubuh manusia dapat mengalami gangguan yang merusak fungsinya. Tak hanya menyerang orang dewasa, anak-anak juga dapat terima risikonya.

"Gangguan ginjal sangat berbahaya, karena berkaitan erat dengan kinerja organ-organ vital lainnya," terang dr Eka.

Bertemu Bocah Asongan yang Bisa Berbicara Lebih dari 10 Bahasa

Setiap orang, usia berapapun harus menjaga faktor risiko yang dapat memicu kerusakan fungsi ginjal. Terlebih semenjak dini harus diperhatikan kondisi ginjalnya dengan baik.

Adapun cara-caranya antara lain, menghindar kebiasaan merokok, wajib minum banyak air putih, mengatur pola makan, hindari konsumsi junk food atau makanan kemasan, menjaga diri agar tidak stres, dan lain sebagainya.

(hel)

Comments