Mengulik Keunikan Kuliner Khas Karimun Jawa

Food & Kuliner

Travel / Food & Kuliner

Mengulik Keunikan Kuliner Khas Karimun Jawa

Mengulik Keunikan Kuliner Khas Karimun Jawa

KEPONEWS.COM - Mengulik Keunikan Kuliner Khas Karimun Jawa INDONESIA merupakan salah satu negara yang dianugerahi keindahan alam berlimpah. Mulai dari pegunungan, hutan, dan laut, semuanya dimiliki oleh bumi pertiwi.Tak heran jikalau industri pariwisata tanah...

INDONESIA merupakan salah satu negara yang dianugerahi keindahan alam berlimpah. Mulai dari pegunungan, hutan, dan laut, semuanya dimiliki oleh bumi pertiwi.

Tak heran jikalau industri pariwisata tanah air mulai dikembangkan melalui sebuah program yang dikenal dengan sebutan "10 Destinasi Bali Baru".

Dalam program tersebut, tidak hanya aspek wisata saja yang menjadi target pengembangan pemerintah, tetapi mencakup beberapa hal penting lainnya termasuk, sektor masakan.

Berbicara soal masakan, beberapa waktu lalu, Okezone berkesempatan mengunjungi Taman Nasional Karimun Jawa di Jepara, Jawa Tengah. Destinasi wisata ini tidak hanya memberikan keindahan pantai dan alam bawah lautnya saja, tetapi juga memiliki beragam masakan lezat yang sangat berpotensi untuk dipromosikan.

Salah satu makanan yang sempat menarik perhatian Okezone ialah bakso ikan ekor kuning. Sesuai dengan namanya, bakso ini diolah dengan bahan dasar ikan ekor kuning.

Keunikannya sendiri terletak pada teksturnya yang sedikit kasar, namun terasa nikmat ketika disantap bersama kuah kaldu gurih nan lezat.

Bagi para pencinta ikan, bakso ikan ekor kuning bisa menjadi alternatif terbaik jikalau Anda sedang bosan menyantap ikan bakar. Tidak perlu khawatir, harganya pun sangat terjangkau.

Untuk satu porsi bakso, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp12 ribu saja. Murah bukan?

Selain hidangan tersebut, Taman Nasional Karimun Jawa ternyata juga memiliki industri makanan kemasan yang cukup maju. Buktinya, sudah banyak pedagang yang menjajakan beragam jenis ikan asin hasil tangkapan nelayan setempat.

Mulai dari ikan teri, ikan jambal, hingga ikan kakak tua, dapat Anda temukan dengan mudah di tempat ini. Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau.

Untuk satu bungkus ikan asin teri dan ikan asin kakak tua, para pedagang mematok harga sebesar Rp10 ribu saja. Sedangkan untuk ikan jambal, harga yang ditawarkan sebesar Rp20 ribu per kemasan.

Menurut pengakuan Zuliha, semua produk ikan asin yang dijualnya tidak memiliki bahan pengawet sama sekali, sehingga sangat aman untuk dikonsumsi.

"Semua produk ikan asin di sini tidak ada yang pakai bahan pengawet, karena itu sudah menjadi peraturan tempat ini. Proses pengasinan benar-benar murni menggunakan garam laut," tuturnya.

Nah, kalau Anda tertarik merasakan secara langsung masakan khas Karimun Jawa, jangan lupa mampir ke alun-alun kota ketika berlibur di taman nasional tersebut.

Mengulik Keunikan Kuliner Khas Karimun Jawa

Comments