Menguak Etika yang Harus Dipahami Saat Ada di Meja Makan

Food & Kuliner

Travel / Food & Kuliner

Menguak Etika yang Harus Dipahami Saat Ada di Meja Makan

Menguak Etika yang Harus Dipahami Saat Ada di Meja Makan

KEPONEWS.COM - Menguak Etika yang Harus Dipahami Saat Ada di Meja Makan Jamuan makan yang bersifat resmi seringkali menjadi salah satu rencana yang rajin dilakukan oleh beberapa orang. Maka dari itu, ada baiknya Kamu mengetahui apa saja etika dan sikap yang sebaiknya dimi...
Loading...

Jamuan makan yang bersifat resmi seringkali menjadi salah satu rencana yang rajin dilakukan oleh beberapa orang. Maka dari itu, ada baiknya Kamu mengetahui apa saja etika dan sikap yang sebaiknya dimiliki saat menghadiri jamuan tersebut atau yang lebih sering disebut dengan table manner.

Table manner menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan, salah satu tujuannya merupakan untuk mengakrabkan hubungan kerja dengan rekan usaha atau klien, serta mengetahui sisi lain dari dirinya. Namun tidak sedikit dari kita yang masih belum memahami aturan di meja makan saat jamuan makan malam.

Yulie Nasution Grillon dan Dara Setyohadi melalui buku berjudul The Art of Tabble Setting pun menjabarkannya dalam salah satu bab mengenai aturan atau etiket saat jamuan makan malam.

"Buku saya The Art of Tabble Setting ini salah satu etiket di meja makan, table manner di meja makan, harus ada etiketnya, ujar Yulie Nasution saat ditemui di Plaza Indonesia, Jumat, 15 Maret 2019.

Ilustrasi makanan.

image_title

Perilaku Ini Dianggap Tak Sopan Saat Bersantap Sushi

image_title

Jangan Sisakan Makanan saat Bersantap di Jepang

image_title

Tujuh Kebiasaan Buruk di Restoran yang Bikin Pelayan Kesal

Dia pun menjabarkan beberapa hal penting yang perlu diperhatikan seseorang saat jamuan makan malam. Termasuk penggunaan beberapa peralatan makan mulai dari sendok, garpu hingga piring. Selain itu penting juga kata dia, untuk tidak menumpukkan tangan di meja, melainkan selalu menaruh posisi tangan di atas paha, dan menaruh serbet di atas paha saat akan mau mulai makan. Hingga pemberian wine merah yang disajikan bersamaan ketika menyantap daging dan wine putih yang disajikan bersamaan ketika menyantap ikan sebagai penetral dan penambah rasa dalam mulut.

"Intinya selalu memakai sendok dari kanan ke dalam dan garpu dari kiri ke dalam. Ada garpu besar hingga kecil untuk sendok paling ujung digunakan untuk sup dulu. Setelah itu salad, kemudian ada piring besar untuk main course. Sedangkan piring kecil yang berada di atas, biasanya untuk roti," lanjut dia.

Bukan hanya itu saja, buku ini juga akan memberikan tips dan trik menata meja yang baik sesuai dengan tema pesta yang akan diselenggarakan. Buku ini juga memberikan banyak sekali pengetahuan mendalam wacana seni penataan meja, perletakan perlengkapan makan yang benar ala lokal dan internasional. Serta bagaimana merencanakan sebuah pesta menjadi tuan rumah yang baik.


Loading...
Loading...

Comments