Mengintip Sejarah Singkat Sirup Maple yang Populer hingga Kini

Food & Kuliner

Travel / Food & Kuliner

Mengintip Sejarah Singkat Sirup Maple yang Populer hingga Kini

Mengintip Sejarah Singkat Sirup Maple yang Populer hingga Kini

KEPONEWS.COM - Mengintip Sejarah Singkat Sirup Maple yang Populer hingga Kini SAAT makan pancake atau waffle, bahan tambahan pertama yang kerap digunakan merupakan siraman sirup maple. Rasa yang manis terasa sangat cocok dipadukan dengan pancake atau waffle. Tapi tahukah dari m...

SAAT makan pancake atau waffle, bahan tambahan pertama yang kerap digunakan merupakan siraman sirup maple. Rasa yang manis terasa sangat cocok dipadukan dengan pancake atau waffle. Tapi tahukah dari mana asalnya sirup maple ini?

Dilansir dari Time, Senin (27/3/2017) sirup maple sudah mulai digunakan sebagai bahan makanan semenjak 300 tahun yang lalu. Masyarakat Amerika Timur dan Kanada merupakan yang menjadi awal muasal ditemukannya sirup ini.

Sesuai dengan namanya, sirup maple berasal dari pohon maple dengan memanfaatkan bagian getahnya. Abad ke-17 para peternak sapi perah ingin menambah penghasilan dengan menemukan bahan pemanis alami yang lebih murah dibanding gula atau molasses. Cara yang dilakukan ialah dengan mengambil getah dari pohon maple yang ternyata bisa dijadikan bahan pemanis alami.

Secara sederhana, para peternak ini mengumpulkan getah pohon maple kemudian menampungnya dalam wadah besar. Setalah itu getah dipanaskan dengan suhu 40 derajat dan disuling hingga menjadi sari getah maple yang memiliki rasa manis.

Untuk membuat segalon sirup maple, para peternak membutuhkan sekira 40 galon getah maple. Karena dalam getah maple tekandung 98 persen air yang harus diuapkan untuk mendapat cairan manis pengganti gula.

Para peternak merebus getah maple dengan menggunakan bahan bakar kayu dan dimasak secara tradisional. Getah dipanaskan hingga cairan berubah menjadi kecoklatan dan terbentuk karamel gula, seiring perkembangan zaman maka ketika ini sirup maple sudah diproduksi dalam proses yang lebih modern dan jumlah yang lebih banyak.

Sekilas tampilan maple sirup mirip dengan madu namun tekstur dan rasanya jauh berbeda. Maple sirup memiliki tekstur yang lebih cair dan rasa manis yang lebih ringan dibanding madu.

Ketika ini maple sirup dimanfaatkan sebagai bahan tambahan pemanis yang biasa menjadi ganti dari gula ataupun madu. Dan ketika ini maple sirup seperti bahan tambahan yang tak bisa dipisahkan dari suguhan pancake ataupun waffle.

Mengintip Sejarah Singkat Sirup Maple yang Populer hingga Kini

Comments