Mengikuti Informasi Hoax Bisa Mengundang Maut

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Mengikuti Informasi Hoax Bisa Mengundang Maut

Mengikuti Informasi Hoax Bisa Mengundang Maut

KEPONEWS.COM - Mengikuti Informasi Hoax Bisa Mengundang Maut JAKARTA - Beredarnya informasi hoax tak hanya menimbulkan kebingungan dan konflik. Informasi yang berkeliaran di internet juga mampu membuat seseorang kehilangan nyawa.Masyarakat Anti-Fitnah Indonesia...

JAKARTA - Beredarnya informasi hoax tak hanya menimbulkan kebingungan dan konflik. Informasi yang berkeliaran di internet juga mampu membuat seseorang kehilangan nyawa.

Masyarakat Anti-Fitnah Indonesia (Mafindo), Septiaji, menyebutkan bahwa informasi hoax tak hanya meliputi topik pemerintahan namun juga kesehatan. Beberapa informasi kesehatan yang banyak beredar di internet tak luput dari hoax, sehingga masyarakat perlu menyaring informasi tersebut.

"Hoax itu membunuh, ada orang kantor yang stroke, ditusuk-tusuk lalu meninggal," katanya di Jakarta, Senin (9/1/2017).

Rekan dari orang yang terkena serangan stroke tersebut menangani stroke berdasarkan informasi yang bersumber dari internet. Namun informasi tersebut ternyata hoax. Hal ini tak hanya membuat penderita kesakitan, namun bahkan menghilangkan nyawanya.

Kasus lain yang sempat diterima Mafindo yaitu kanker yang juga membuat seseorang meninggal dunia, dengan mempraktikkan pengobatan bersumber dari internet. Hal ini membuat Mafindo menggandeng lembaga kanker untuk mensortir informasi dan situs yang justru merugikan masyarakat.

Selain itu, Mafindo juga bekerja sama dengan Mastel dan APJII untuk turut mendukung program Kominfo memberikan literasi bagi masyarakat Indonesia.

Mengikuti Informasi Hoax Bisa Mengundang Maut

Comments