Menghirup Wangi Aroma Kopi Mocca Di Dusun Sirap

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Menghirup Wangi Aroma Kopi Mocca Di Dusun Sirap

Menghirup Wangi Aroma Kopi Mocca Di Dusun Sirap

KEPONEWS.COM - Menghirup Wangi Aroma Kopi Mocca Di Dusun Sirap Angka menunjukkan pukul 09.00 WIB. Sudah jelang siang sebenarnya. Namun, udara kemarau masih terasa dingin saja di Dusun Sirap. Di ketinggian 800 meter dari permukaan laut, dusun yang berada di Desa K...

Angka menunjukkan pukul 09.00 WIB. Sudah jelang siang sebenarnya. Namun, udara kemarau masih terasa dingin saja di Dusun Sirap.

Di ketinggian 800 meter dari permukaan laut, dusun yang berada di Desa Kelurahan, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah itu, dikelilingi hutan alami lereng Gunung Kelir.

Kabut tipis sesekali masih mengambang di sela-sela pohon. Pemukiman warga pun berada di tepi hamparan kebun kopi yang cukup luas dan rapat.

Bagi warga Dusun Sirap, kopi menjadi gairah baru semenjak beberapa tahun ini. Sebelumnya, warga setempat mengandalkan kebun kakao sebagai mata pencaharian selama beberapa puluh tahun.

Bunga kopi yang harumnya semerbak di Dusun Sirap. Photo : Teguh Joko Sutrisno/VIVA (Semarang, Jawa Tengah) Bunga kopi yang harumnya semerbak di Dusun Sirap.

Namun, semenjak kakao tak lagi komersil, warga pun beralih budidaya dengan menanam kopi jenis robusta. Mereka mencoba memanfaatkan lahan bekas kebun kakao untuk bertanam kopi. Hasilnya tidak mereka duga.

Hasil kopi ternyata punya citarasa yang berbeda. Ada taste mocca atau coklat pada biji kopi Dusun Sirap. Itu karena lahan yang digunakan dulu bekas kebun kakao.

Comments