Mengetahui Mengenai Banjir Lahar Dingin

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Mengetahui Mengenai Banjir Lahar Dingin

Mengetahui Mengenai Banjir Lahar Dingin

KEPONEWS.COM - Mengetahui Mengenai Banjir Lahar Dingin Mengetahui Mengenai Banjir Lahar Dingin - Putra-putri kita sudah tentu pernah mendengar mengenai isu terjangan lahar dingin di televisi pada akhir-akhir ini. Bila si kecil bertanya mengenai hal itu, a...
Mengetahui Mengenai Banjir Lahar Dingin - Putra-putri kita sudah tentu pernah mendengar mengenai isu terjangan lahar dingin di televisi pada akhir-akhir ini. Bila si kecil bertanya mengenai hal itu, apa yang seharusnya mereka tahu? Biar tidak salah penjelasan, simak artikel berikut ini gaes.
Lahar Dingin ( Foto @kompas )
Pada beberapa tahun yang lalu ketika gunung merapi meletus, para warga di dusun seputar merapi tidak bisa mengungsi. Alat bantu transportasi untuk membantu mereka keluar dari rumah belum juga datang. Ini tidak lain disebabkan banjir lahar dingin yang menerjang dusun mereka.
Lahar yang menerjang rumah para warga merupakan salah satu hasil letusan gunung merapi. Lahar dapat mengalir dengan kecepatan beberapa puluh meter per detik menempuh jarak sampai beberapa kilometer membawa energi yang cukup besar.
Untuk itu biasanya lahar dibuatkan saluran khusus yang di dalam ilmu geoteknik dikenal sebagai sabo. Beberapa gunung di Indonesia yang mempunyai aktivitas peredaran lahar ini misalnya Gunung Galunggung di Jawa Barat dan Gunung Merapi di Jawa Tengah atau Yogyakarta.
BERBAHAYA
Peredaran lahar ini, sangat berbahaya terutama bagi penduduk yang tinggal di perkampungan yang berada di lereng gunung ataupun bagi para penambang pasir yang sering berada di daerah peredaran lahar. Lahar merupakan istilah dari bahasa Jawa. Lahar merupakan peredaran material vulkanik yang biasanya merupa campuran batu, pasir dan kerikil yang akan terjadi adanya peredaran air yang terjadi di lereng gunung (gunung berapi).
Di Indonesia sendiri khususnya, aktivitas peredaran lahar ini akan meningkat seiring dengan meningkatnya intensitas curah hujan. Tidak heran, bila warga setempat diminta untuk selalu waspada usai gunung merapi meletus.
Lahar ini berasal dari lava yang sudah bercampur dengan batuan, air dan juga material lainnya. Lava ini ialah cairan larutan magma pijar yang mengalir keluar dari dalam bumi melalui kawah gunung berapi atau melalui celah (pahatan) yang kemudian membeku menjadi batuan yang bentuknya sangat bermacam-macam. Bila cairan itu encer akan meleleh jauh dari sumbernya membentu peredaran seperti sungai melalui lembah dan membeku menjadi batuan seperti lava kopi atau lava blok (umumnya di Indonesia membentuk lava blok).
Bila agak kental, akan mengalir tidak jauh dari sumbernya membentuk kubah laba dan paha bagian pinggirnya membeku membentuk blok-blok lava tetapi suhunya masih tinggi, bila posisinya tidak stabil akan mengalir membtnuk awan panas guguran dari lava.
HATI-HATI HUJAN
Aktivitas peredaran lahar meningkat seiring dengan meningkatnya intensitas cerah hujan. Lahar dingin merupakan peredaran sedimen pekat yang terdiri atas batu, kerikil, pasir serta abu vulkanik yang tercampur air. Karena percampuran inilah menyebabkan lahar yang semula panas karena berupa lava menjadi dingin.
Proses terjadinya lahar dingin ini dimulai dari ketika meluncur dari puncak merapi, material ini berupa material piroklastik yang menyebabkan terbentuknya awan panas. Isinya terdiri atas batuan berukuran bongkah, kerakal, kerikil, pasir hingga debu panas. Setelah di daerah produksi ini terkena hujan maka di daerah transportasi di lerengnya akan memiliki energi sangat tinggi yang bisa merusak apa saja yang dilewatinya. Seterusnya ketika sampai dibawah maka akan terjadi proses sedimentasi dari pasir-pasir ini sebagai endapan material vulkanik yang sering kita lihat di tebing-tebing sungai ditengah perkotaan.

Comments