Mengenal Snapdragon 732G, Chipset Terbaru dari Qualcomm dengan CPU dan GPU Lebih Kencang

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Mengenal Snapdragon 732G, Chipset Terbaru dari Qualcomm dengan CPU dan GPU Lebih Kencang

Mengenal Snapdragon 732G, Chipset Terbaru dari Qualcomm dengan CPU dan GPU Lebih Kencang

KEPONEWS.COM - Mengenal Snapdragon 732G, Chipset Terbaru dari Qualcomm dengan CPU dan GPU Lebih Kencang Xiaomi bersama dengan Qualcomm hari ini, Rabu (16/9), menggelar acara secara online bersama awak media untuk memaparkan lebih jauh perihal chipset Snapdragon 732G. Bagi yang belum tahu, Snapdragon 732...

Xiaomi bersama dengan Qualcomm hari ini, Rabu (16/9), menggelar acara secara online bersama awak media untuk memaparkan lebih jauh perihal chipset Snapdragon 732G. Bagi yang belum tahu, Snapdragon 732G merupakan versi upgrade dari Snapdragon 730G yang menjanjikan peningkatan pada performa. Seperti apa keunggulannya?

Spesifikasi dan fasilitas Snapdragon 732G

Qualcomm Snapdragon

Sama seperti pendahulunya, Snapdragon 732G merupakan chipset yang mengusung fabrikasi 8nm. Konfigurasi CPU dan GPU yang dibenamkan pun masih sama, adalah dua core besar Kryo 470 dan 6-core kecil Kryo 470 dengan Adreno 618 sebagai senjata utama untuk kebutuhan grafis.

Perbedaannya ada pada clock speed dari CPU Snapdragon 732G yang kini berjalan di 2.3GHz, atau 0.1GHz lebih tinggi dibanding CPU pada Snapdragon 730G. Sementara GPU-nya diklaim bisa menunjukkan performa 15 persen lebih kencang. Kombinasi yang tentunya akan memberikan kinerja lebih bertenaga di banyak sekali kebutuhan, termasuk gaming.

Selain itu, Snapdragon 732G dibekali Qualcomm AI Engine generasi ke-4 dengan performa mencapai 3.6 TOPS. Chipset ini juga didukung fasilitas Qualcomm Snapdragon Elite Gaming, termasuk Vulkan 1.1 Graphics Driver yang akan membantu menampilkan game dengan grafis yang lebih memukau.

Selebihnya apa yang ditawarkan Snapdragon 732G kurang lebih mirip dengan Snapdragon 730G. Urusan konektivitas masih dipercayakan kepada modem X15 4G LTE dengan kecepatan download hingga 800 Mbps dan WiFi 6. Bluetooth yang ditanamkan ialah versi 5.1, lengkap dengan fasilitas yang sama seperti aptX Adaptive dan TrueWireless Stereo Plus.

elite dragonfly yangcanggih 728

Snapdragon 732G 1

See also

Nintendo Jump Rope Challenge 1

Sementara dari sektor kamera, Snapdragon 732G mengandalkan Computer Vision ISP Qualcomm Spectra 350 yang selain efisien, juga menyokong perekaman video 4K, 3D face unlock, setup multi kamera, multi-frame noise reduction (hingga 48 megapixel), menyimpan file dalam format HEIF yang lebih hemat storage, serta kompatibilitas dengan sensor hingga resolusi 192 megapixel single-camera.

Muncul bersama POCO X3?

Kolaborasi Xiaomi dan Qualcomm dalam menggelar cara temu pers kali ini tentunya menimbulkan pertanyaan, apakah ini menandakan smartphone pertama dengan Snapdragon 732G yang siap muncul di Indonesia dalam waktu dekat ialah produk garapan Xiaomi? Sayangnya pihak Xiaomi Indonesia belum mau memberikan konfirmasi.

POCO X3

Meski begitu, kalau melihat deretan smartphone yang sudah diperkenalkan oleh Xiaomi secara global, satu nama yang dipastikan mengusung chipset Snapdragon 732G ialah POCO X3. Apakah artinya POCO X3 akan meluncur di Indonesia? Kita tunggu saja update berita terbarunya!

Comments