Mengenal Ragam Bata Ekspos, Keunggulan, dan Cara Merawatnya

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

Mengenal Ragam Bata Ekspos, Keunggulan, dan Cara Merawatnya

Mengenal Ragam Bata Ekspos, Keunggulan, dan Cara Merawatnya

KEPONEWS.COM - Mengenal Ragam Bata Ekspos, Keunggulan, dan Cara Merawatnya Penggunaan bata ekspos sebenarnya bukan ide baru. Semenjak ribuan tahun sebelum masehi, manusia telah membangun dinding dengan memakai blok batu. Setelah itu, ditemukanlah teknik pembuatan batu bata d...

Penggunaan bata ekspos sebenarnya bukan ide baru. Semenjak ribuan tahun sebelum masehi, manusia telah membangun dinding dengan memakai blok batu. Setelah itu, ditemukanlah teknik pembuatan batu bata dengan bahan tanah liat atau terakota.

Dinding berlapis semen atau plester sendiri baru mulai populer pada era Baroque hingga Renaissance (1600-1700an). Dinding bata ekspos lantas kembali populer pada 1800an. Ketenaran dinding ini naik turun hingga kini.

Dahulu, bahan baku bata ekspos tidak berbeda dengan bahan baku untuk bata biasa. Namun kini, Kamu bisa menemukan bata khusus untuk bangunan dengan gaya ekspos. Materinya pun berbeda-beda, ada yang masih mempertahankan penggunaan tanah liat, ada yang memakai gipsum.

Bata khusus ekspos ini mempunyai kelebihan bentuk yang lebih rapi -berbeda dari batu bata biasa, di mana Kamu akan menemukan bata sudut-sudutnya mulai menumpul dan coak di beberapa bagian. Ia juga mempunyai warna yang lebih terang serta materi yang lebih tahan efek cuaca, seperti warna yang kusam, berlumut, dan lain sebagainya, sehingga lebih sedap dipandang saat digunakan untuk aksen di dalam ruangan.

Sekolah Dibangun Dengan Batu Bata Terbuat dari Limbah Plastik

Dikutip dari Rumah.com, portal properti terdepan di Indonesia, penggunaan bata tipe ekspos pada rumah sering digunakan untuk memberikan nuansa industrial maupun natural yang kuat dengan konsep rumah unfinished.

Ragam bata ekspos

Sebelum membuat hunian atau desain interior dengan bata ekspos, ada baiknya Kamu mengenal lebih dulu jenis-jenis bata ekspos yang biasa digunakan. Ada beberapa macam jenis yang biasa digunakan untuk desain bata tipe ekspos.

Ilustrasi bata ekspos. (Pexels)Ilustrasi bata ekspos. (Pexels)

Umumnya, bata tipe ekspos memakai jenis bata hias. Bata hias dibuat dengan mesin pres yang menghasilkan ukuran seragam serta lebih presisi. Dibandingkan dengan bata biasa, tekstur bata hias lebih halus dan jauh lebih padat dengan pori-pori relatif lebih kecil, juga lebih kuat.

Semakin baik kualitasnya, semakin tinggi harganya. Berikut beberapa jenis bata tipe ekspos yang bisa menjadi pilihan untuk rumah Kamu.

1. Bata Terakota
Bata ekspos terakota mempunyai desain yang sangat klasik. Bata tipe ekspos terakota mempunyai tekstur yang paling halus dengan bentuk yang sangat presisi. Tak heran kalau jenis bata ekspos ini merupakan yang paling mahal di antara jenis bata tipe ekspos lain.

Viral Kue Lebaran Batu Bata dan Cream Semen, Wujudnya Bikin Warganet Salfok

Satu bata tipe ekspos terakota dapat dijual dengan harga lebih dari Rp 3.000 per buah. Bata ekspos terakota juga mempunyai tingkat warna merah yang lebih terang sehingga terlihat lebih elegan. Namun ada juga jenis bata ekspos terakota yang dibuat dengan warna natural.

Comments