Mengenal Prader-Willi Syndrome, Penyakit yang Diderita Putra Oki Setiana Dewi

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Mengenal Prader-Willi Syndrome, Penyakit yang Diderita Putra Oki Setiana Dewi

Mengenal Prader-Willi Syndrome, Penyakit yang Diderita Putra Oki Setiana Dewi

KEPONEWS.COM - Mengenal Prader-Willi Syndrome, Penyakit yang Diderita Putra Oki Setiana Dewi PUTRA bungsu Oki Setiana Dewi yang bernama Sulaiman divonis menderita Prader-Willi Syndrome (PWS). Hal itu diketahui dari unggahan di akun Instagram pribadi Oki. Ia memaparkan bahwa penyakit yang dide...

PUTRA bungsu Oki Setiana Dewi yang bernama Sulaiman divonis menderita Prader-Willi Syndrome (PWS). Hal itu diketahui dari unggahan di akun Instagram pribadi Oki. Ia memaparkan bahwa penyakit yang diderita putranya ialah kelainan genetik yang menyebabkan gangguan pada fisik, mental, dan perilaku.

"Beberapa hari yang lalu hasil pemeriksaan darah Sulaiman sudah keluar. Akhirnya setelah berbulan-bulan ini menduga apa yang terjadi pada Sulaiman, saya bisa bernapas lega. Prader-Willi Syndrome. Begitu yang tertera di atas kertas. Alhamdulillah ala kulli hal," tulis Oki dalam unggahan di akun Instagram-nya.

Putra Bungsu Oki Setiana Dewi Alami Sindrom Prader Willi

Lantas, apa sebenarnya penyakit Prader-Willi Syndrome?

Dikutip dari laman WebMD, Kamis (15/4/2021), Prader-Willi Syndrome (PWS) merupakan kondisi langka dan rumit yang memengaruhi banyak bagian tubuh penderitanya.

Ini berasal dari masalah dengan salah satu kromosom. Ini dapat menyebabkan masalah fisik, seperti rasa lapar yang ekstrem dan otot yang lemah, serta masalah pembelajaran dan perilaku. Hanya sekira 1 dari 10.000 hingga 30.000 orang di dunia yang menderita Prader-Willi Syndrome.

Ilustrasi bayi. (Foto: Shutterstock)

Apa Penyebabnya?

Penyebab Prader-Willi Syndrome biasanya terjadi karena perubahan genetik pada wilayah kromosom 15. Tidak ada cara untuk mencegahnya. Tetapi kalau berencana mempunyai bayi, Kamu dan pasangan dapat diskrining untuk mengetahui risiko PWS. Cedera kepala atau otak juga bisa menyebabkan sindrom ini.

Tanda dan gejala Prader-Willi Syndrome?

Seorang bayi mungkin menunjukkan tanda-tanda PWS semenjak dini. Mereka mungkin mempunyai mata berbentuk almond, kepalanya menyempit di pelipis, mulut menunduk di sudut, dan mungkin mempunyai bibir atas yang tipis.

Ungkapan Syukur Oki Setiana Dewi Sang Putra Bungsu Bisa Lepas Selang Makanan

Bisa juga mungkin mengalami gejala-gejala berikut:

Ketidakmampuan mengisap atau menyusu dengan baik sehingga berat badan bayi bertambah secara perlahan.

Tonus otot yang buruk atau anggota tubuh yang menggantung dengan longgar saat Kamu memegangnya.

Mata yang menyilang.

Penampilan lelah sepanjang waktu.

Tangisan lemah atau lembut.

Kurangnya respons.

Comments