Mengenal Perbedaan Tumbuhan Berbiji Terbuka dan Tertutup, Beserta Contohnya

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

Mengenal Perbedaan Tumbuhan Berbiji Terbuka dan Tertutup, Beserta Contohnya

Mengenal Perbedaan Tumbuhan Berbiji Terbuka dan Tertutup, Beserta Contohnya

KEPONEWS.COM - Mengenal Perbedaan Tumbuhan Berbiji Terbuka dan Tertutup, Beserta Contohnya Tumbuhan berbiji atau spermatophyta termasuk tumbuhan yang tingkat perkembangannya paling tinggi. Tumbuhan itu menghasilkan biji yang menjadi alat perkembangbiakan generatif. Dalam ilmu biologi, tu...

Tumbuhan berbiji atau spermatophyta termasuk tumbuhan yang tingkat perkembangannya paling tinggi. Tumbuhan itu menghasilkan biji yang menjadi alat perkembangbiakan generatif.

Dalam ilmu biologi, tumbuhan Spermatophyta terbagi menjadi dua, tumbuhan berbiji terbuka (Gymnospermae) dan tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae).

Bagaimana perbedaan keduanya?

1. Tumbuhan Berbiji Terbuka (Gymnospermae)

Panduan Cara Menanam Bonggol Aglonema, Dijamin Bisa Tumbuh Tunasnya

Dikutip dari Ruang Guru, tumbuhan termasuk berbiji terbuka apabila bakal bijinya tidak tertutup oleh daun buah. Umumnya Gymnospermae berupa pohon besar yang batangnya terdapat kambium sehingga dapat membesar dan mempunyai akar tunggang.

Selain itu, Gymnospermae juga sudah mempunyai jaringan pembuluh yang bernama xilem dan floem.

Alat perkembangbiakan Gymnospermae berupa strobilus yang terdiri atas dua. Yaitu strobilus jantan yang berisi serbuk sari dan mengandung sperma. Juga strobilus betina yang mengandung bakal biji berisi sel telur.

Gymnospermae terbagi lagi menjadi empat divisi di antaranya:

a. Cycadophyta

Panduan Cara Merawat Aglonema Suksom, Si Cantik Berdaun Merah Merona

Ilustrasi tanaman hias di meja. (Dok. Envato)Ilustrasi tanaman hias di meja. (Dok. Envato)

Tumbuhan pada divisi ini ciri-cirinya tidak bercabang dan mempunyai daun majemuk. Contohnya ialah Cycas rumphii atau pakis haji. Pakis haji biasanya dimanfaatkan sebagai tanaman hias.

Comments