Mengenal Manfaat Albumin untuk Kesehatan Tubuh: Sangat Penting Bagi Ibu Hamil

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Mengenal Manfaat Albumin untuk Kesehatan Tubuh: Sangat Penting Bagi Ibu Hamil

Mengenal Manfaat Albumin untuk Kesehatan Tubuh: Sangat Penting Bagi Ibu Hamil

KEPONEWS.COM - Mengenal Manfaat Albumin untuk Kesehatan Tubuh: Sangat Penting Bagi Ibu Hamil JAKARTA Belum banyak masyarakat yang mengetahui albumin dan manfaatnya untuk tubuh manusia. Padahal, zat tersebut menjadi salah satu unsur terpenting dalam struktur plasma darah. Banyak atau sedikitn...

JAKARTA Belum banyak masyarakat yang mengetahui albumin dan manfaatnya untuk tubuh manusia.

Padahal, zat tersebut menjadi salah satu unsur terpenting dalam struktur plasma darah.

Banyak atau sedikitnya kadar albumin di dalam tubuh manusia dapat memengaruhi fungsi dan kerja plasma darah.

Albumin merupakan bagian dari protein plasma darah yang memiliki banyak peran seperti mengatur tekanan osmotik darah, menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh, sebagai pengangkut nutrsi didalam tubuh, dan membantu memperbaiki kerusakan jaringan sel di dalam tubuh.

Albumin memegang peranan penting sebagai bagian dalam protein plasma darah yang berfungsi sebagai agen pengangkut nutrisi, Umpamanya seseorang sudah mendapat asupan makanan yang sehat dan baik, tapi kadar albumin di dalam tubuhnya rendah maka semua nutrisi tersebut tidak bisa terangkut karena tubuhnya kekurangan albumin. Jikalau situasi ini terjadi pada anak yang kekurangan albumin, tentu bisa menghabat proses tumbuh kembangan badan & otaknya karena nutrisi yang dibutuhkan tubuh tidak terdistibusi secara maksimal. terang Daniel Thian, General Manager PT Pharos Indonesia.

Kadar normal albumin dalam darah mencapai 3.4-5.4 g/dl. Albumin didapat dari hasil metabolisme protein didalam hati menjadi plasma protein.

Bagi ibu hamil, albumin memiliki tugas sangat penting untuk menjaga tumbuh kembang janin dalam kandungan karena kebutuhan protein untuk janin dapat terpenuhi dari protein yang dikonsumsi ibu.

Jadi kalau ibu hamil kebutuhan albuminnya terpenuhi, bayi itu akan berkembang secara cepat selama sembilan bulan di dalam perut.

Hal ini terjadi karena kebutuhan protein untuk si bayi di dalam perut terpenuhi, maka jangan sampai ibu hamil asupan makanannya kurang.

"Bisa dipenuhi dengan gizi yang cukup dari ikan, telur, kacang-kacangan, dan sebagainya, terang DR Dr Taufik Jamaan SpOG, ahli obstetri dan ginekologi dari RSIA Bunda.

Mengenal Manfaat Albumin untuk Kesehatan Tubuh: Sangat Penting Bagi Ibu Hamil

Comments