Mengenal LSD, Narkoba yang Diduga Digunakan Hanbin iKON

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Mengenal LSD, Narkoba yang Diduga Digunakan Hanbin iKON

Mengenal LSD, Narkoba yang Diduga Digunakan Hanbin iKON

KEPONEWS.COM - Mengenal LSD, Narkoba yang Diduga Digunakan Hanbin iKON Personil iKON, Kim Hanbin alias B.I, tengah tersandung kasus jual beli narkoba. Hanbin diduga membeli narkoba jenis LSD (Lysergic acid diethylamide) pada 2016 silam. Kasus ini tiba-tiba mencuat ke pub...
Loading...

Personil iKON, Kim Hanbin alias B.I, tengah tersandung kasus jual beli narkoba. Hanbin diduga membeli narkoba jenis LSD (Lysergic acid diethylamide) pada 2016 silam.

Kasus ini tiba-tiba mencuat ke publik setelah beredar percakapan Hanbin dengan seorang pengedar berinisial A melalui software percakapan Kakao Talk. Sekadar berita, LSD sendiri merupakan narkoba sintetis yang terbuat dari sari jamur kering yang tumbuh di rumput gandum dan biji-bijian. Kandungan asam lysergic dari jamur ergot inilah yang kemudian diolah menjadi LSD.

Mengutip laman resmi Badan Narkotika Nasional (BNN), LSD yang beredar di Indoensia selama ini umumnya mengandung zat lisergida. Namun, pada 2013 lalu, UPT Uji Laboratorium BNN menemukan tiga zat baru yang terdapat pada LSD adalah, 25C-NBOMe, 25BNBOMe, dan 251-NBOM.

Senyawa 25C-NBOMe dan 25I-NBOMe merupakan turunan dari fenetilamine dan mempunyai efek psychedelic (reaksi menenangkan yang bila berlebihan dapat mengakibatkan seseorang tidak sadarkan diri) bagi tubuh manusia. Sedangkan 25B-NBOMe mempunyai efek halusinogen saat dikonsumsi. Zat ini juga merupakan pengembangan/turunan dari fenetilamine (2CB).

Hanbin iKon

Penggunaan narkoba jenis LSD juga sempat menghebohkan masyarakat Indonesia, saat seorang pengemudi bernama Christopher Daniel Sjarief, 23 tahun, terlibat dalam sebuah kecelakaan beruntun pada 2015 lalu. Mengutip laman news Okezone, mobil Mitsubishi Outlander milik Daniel menabrak sembilan kendaraan di Jalan Iskandar Muda, Kebayoran lama, Jakarta Selatan. Hasil investigasi membuktikan Daniel positif memakai LSD saat sedang berkendara.

Asal usul LSD

Situs drugfreeworld.org menyebut bahwa narkoba yang diduga digunakan oleh Hanbin ini pertama kali diracik oleh spesialis kimia bernama Albert Hofmann. Kala itu, Hoffman yang tengah bekerja di Pabrik Farmasi Sandoz, Basel, Swiss, tengah mencari stimulan untuk darah dengan cara meneliti lysergic acid. Pada awalnya, ia tidak menyadari dampak halusinogen yang disebabkan oleh penggunaan LSD.

Loading...

Comments