Mengenal Istilah Antinutrisi dan Contohnya, Berisiko Sebabkan Malnutrisi Pada Seseorang

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Mengenal Istilah Antinutrisi dan Contohnya, Berisiko Sebabkan Malnutrisi Pada Seseorang

Mengenal Istilah Antinutrisi dan Contohnya, Berisiko Sebabkan Malnutrisi Pada Seseorang

KEPONEWS.COM - Mengenal Istilah Antinutrisi dan Contohnya, Berisiko Sebabkan Malnutrisi Pada Seseorang Banyak orang lebih mengenal istilah kekurangan gizi atau yang disebut malnutrisi. Tapi ada juga istilah kesehatan antinutrisi yang juga perlu dikenali, karena bisa mengganggu kesehatan....

Banyak orang lebih mengenal istilah kekurangan gizi atau yang disebut malnutrisi. Tapi ada juga istilah kesehatan antinutrisi yang juga perlu dikenali, karena bisa mengganggu kesehatan.

Mengutip Live Science, Kamis (29/9/2022) menurut Ahli Diet Dietitian Fit&Co, Reema Patel, antinutrisi ialah zat yang ditemukan dalam makanan, yang bisa mengganggu kemampuan tubuh menyerap nutrisi penting.

"Antinutrisi yang paling umum ditemukan yaitu lektin, tanin, asam fitat, kalsium oksalat, dan inhibitor protease. Mereka paling banyak ditemukan dalam biji-bijian dan kacang-kacangan," ujar Patel.

Ia menambahkan, antinutrisi bisa menyebabkan kondisi seseorang mengalami malnutrisi atau kekurangan nutrisi pada tubuh.

Menikmati Lemon Dengan Air Dingin Bisa Mendapatkan Vitamin C Yang Maksimal

Ilustrasi malnutrisi. [Istimewa]Ilustrasi malnutrisi. [Istimewa]

Tapi kata dia, untuk mencegah dampak buruk zat dalam makanan ini, seseorang harus mengonsumsi makanan yang bervariasi.

"Banyak antinutrisi yang dikaitkan dengan manfaat kesehatan, seperti anti inflamasi, penurunan kolesterol, menstabilkan gula darah, dan sifatnya yang ramah di usus," jelas Ilmuwan Nutrisi FoodMarble, Dr. Claire Shortt.

Dalam Journal of Functional Foods, meski dinilai berbahaya karena bisa mengganggu penyerapan nutrisi penting, tapi antinutrisi ternyata digunakan tanaman sebagai mekanisme melindungi diri dari bahaya serangga dan kuman berbahaya.

Inilah sebabnya jenis makanan tertentu disarankan tidak dikonsumsi dalam bentuk mentah, dan perlu proses seperti perendaman, fermentasi, penggilingan dan sebagainya.

Tapi kalau makanan antinutrisi dikonsumsi bagian dari makanan seimbang, mungkin jadi metabolisme yang baik untuk tubuh. Jadi penting untuk mengonsumsi makanan seimbang terdiri dari karbohidrat, protein, serat, lemak, vitamin dan mineral.

5 Tips Belanja Bahan Makanan Sehat dan Bergizi Tanpa Harus Mahal

Comments