Mengenal Dire Wolf, Serigala Raksasa yang Hidup Sekitar 12.000 Tahun Lalu

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Mengenal Dire Wolf, Serigala Raksasa yang Hidup Sekitar 12.000 Tahun Lalu

Mengenal Dire Wolf, Serigala Raksasa yang Hidup Sekitar 12.000 Tahun Lalu

KEPONEWS.COM - Mengenal Dire Wolf, Serigala Raksasa yang Hidup Sekitar 12.000 Tahun Lalu Nama ilmiah untuk dire wolf atau serigala dire ialah Canis dirus. Mereka hidup di planet ini antara 300.000 hingga 12.000 tahun yang lalu. Di mana tempat asli serigala raksasa purba ini hidup? Mereka...

Nama ilmiah untuk dire wolf atau serigala dire ialah Canis dirus. Mereka hidup di planet ini antara 300.000 hingga 12.000 tahun yang lalu. Di mana tempat asli serigala raksasa purba ini hidup? Mereka paling umum ditemukan di Amerika Utara. Namun, mereka juga hidup di Amerika Selatan bagian utara.

Dilansir dari banyak sekali sumber. Fosil dire wolf pertama kali ditemukan oleh Francis Lincke pada tahun 1854. Ia menemukan sisa-sisa fosil tersebut di dekat Evansville, Indiana. Para ahli sekarang mengetahui bahwa serigala purba ini hidup di banyak sekali tempat asal.

Ribuan tahun yang lalu, dire wolf dapat ditemukan di hutan, gunung, rawa-rawa, dan dataran di sebagian besar Belahan Bumi Barat.

Seperti apakah wujud dari serigala purba ini sebenarnya? Nama latinnya saja sudah menggambarkan seperti apa wujud dire wolf. Nama ilmiahnya berasal dari bahasa Latin yang berarti "anjing yang menakutkan".

Mengenal Dire Wolf, Serigala Raksasa yang Hidup Sekitar 12.000 Tahun Lalu

Mereka mempunyai ukuran lebih besar dari serigala-serigala yang hidup saat ini, dengan panjang sekitar 213 cm dan berat hingga 148 kilogram, mereka juga mempunyai gigi yang jauh lebih besar.

Bahkan, gigi mereka begitu besar dan tajam sehingga para ilmuwan saat ini percaya bahwa serigala purba bisa dengan mudah meremukkan tulang-tulang mangsanya.

Untuk santapan sehari-hari, mereka biasanya memangsa mamalia besar dan para ahli berpendapat bahwa kuda merupakan makanan utama serigala purba ini. Dire wolf juga kerap memangsa memangsa kukang, mastodon, bison, hingga unta.

Lebih dari 4.000 fosil dire wolf telah ditemukan di La Brea Tar Pits. Berdasarkan apa yang mereka pelajari dari situs ini, para ahli berpendapat bahwa hewan-hewan tersebut kemungkinan hidup dan berburu secara berkelompok, seperti halnya serigala modern saat ini.

Bahkan, mereka percaya bahwa dire wolf itu mungkin hidup bersama dengan jenis anjing-anjing lain yang hidup pada saat itu. Ini termasuk anjing hutan, anjing domestik, rubah abu-abu, dan serigala kayu/timber wolf.

Ternyata dire wolf masih merupakan kerabat jauh dari anjing modern saat ini. Para peneliti menggambarkan bahwa dire wolf berkerabat dekat dengan serigala abu-abu, yang datang ke Amerika Utara dari Asia. Anjing-anjing masa kini merupakan keturunan dari serigala abu-abu.

Dire wolf memang telah punah selama sekitar 12.000 tahun. Namun, beberapa orang saat ini mencoba untuk menghidupkan kembali spesies ini. Sebuah organisasi bernama Dire Wolf Project telah memakai pembiakan selektif untuk menghasilkan anjing yang mirip dengan serigala purba ini.

Selain itu, beberapa ilmuwan sedang mempertimbangkan untuk memakai CRISPR (Clustered Regularly Interspaced Short Palindromic Repeats) untuk menghidupkan kembali hewan-hewan yang telah punah.

Follow Gosip Okezone di Google News

(dra)

image

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Comments