Mengenal BPD, Penyakit Mental yang Dialami Ariel Tatum

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Mengenal BPD, Penyakit Mental yang Dialami Ariel Tatum

Mengenal BPD, Penyakit Mental yang Dialami Ariel Tatum

KEPONEWS.COM - Mengenal BPD, Penyakit Mental yang Dialami Ariel Tatum ARTIS cantik Ariel Tatum akhirnya buka suara, terkait kesehatan mental yang dia alami. Meskipun sudah menjalani terapi, tapi kondisi tersebut harus dia alami selama beberapa tahun. Ariel mengaku, ia m...

ARTIS cantik Ariel Tatum akhirnya buka suara, terkait kesehatan mental yang dia alami. Meskipun sudah menjalani terapi, tapi kondisi tersebut harus dia alami selama beberapa tahun.

Ariel mengaku, ia mengidap kondisi yang dinamakan Borderline personality disorder (BPD). Merasa ada sesuatu yang tak beres pada dirinya semenjak usia 13 tahun, akhirnya Ariel mencari bantuan ahli profesional sampai akhirnya ia didiagnosis mengidap BPD.

Di usia 13 tahun merasa ada yang salah, lalu cari bantuan profesional tapi ketahuan BPD nya itu setelah bertahun-tahun jalani terapi, baru tahu di sekitar usia 18 tahun, kata Ariel.

ariel Tatum

Lalu apa sebetulnya yang dimaksud dengan BPD tersebut? Mengutip Medicalnewstoday, Sabtu (9/1/2021) yang sudah ditinjau ulang oleh Dr. Marney A. White, PhD, MS selaku psikolog klinis, BPD merupakan suatu kondisi mental yang kompleks, biasanya ditandai dengan adanya kesulitan terkait emosi dan citra diri, hubungan pribadi yang tidak stabil, dan perilaku impulsif.

Borderline personality disorder dikategorikan sebagai gangguan kepribadian cluster B, ini merupakan grup gangguan yang memengaruhi fungsi emosional seseorang dan mengarah pada perilaku yang dianggap ekstrem atau tidak rasional oleh orang lain.

Untuk bisa sampai mengeluarkan diagnosa BPD, dokter memakai Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders, Fifth Edition (DSM-5) adalah manual diagnostik dan statistik gangguan mental untuk mendiagnosis kondisi kesehatan mental, termasuk BPD.

Comments