Mengenal Bahaya Narkoba Sejak Dini

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Mengenal Bahaya Narkoba Sejak Dini

Mengenal Bahaya Narkoba Sejak Dini

KEPONEWS.COM - Mengenal Bahaya Narkoba Sejak Dini NARKOTIKA dan obat berbahaya lainnya, atau biasa yang kita sebut dengan Narkoba, ialah salah satu hal yang sangat meresahkan masyarakat di manapun itu terutama di Indonesia. Bagaimana tidak, apabila p...
Loading...

NARKOTIKA dan obat berbahaya lainnya, atau biasa yang kita sebut dengan Narkoba, ialah salah satu hal yang sangat meresahkan masyarakat di manapun itu terutama di Indonesia.

Bagaimana tidak, apabila pecandu narkoba setiap tahun kini kian bertambah terus menerus, ditambah lagi 80% dari 5 juta pengguna narkoba merupakan remaja dengan rentang usia 14-19 tahun.

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komkjen Pol Heru Winarko mengklaim pada tahun 2018 mayoritas pengguna narkoba ialah generasi muda atau para pelajar.

Mengapa penyalahgunaan narkoba lebih marak terjadi pada generasi muda atau para pelajar? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, mari kita kenal lebih jauh apa itu narkoba.

Mengapa penyalahgunaan narkoba lebih marak terjadi pada generasi muda atau para pelajar?

Narkotika

Menurut UU No 22 tahun 1997 pasal 1 ayat 1 disebutkan bahwa narkotika merupakan zat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman baik buatan maupun semi buatan yang dapat menyebabkan pemutusan kesadaran sampai menghilangkan rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan.

Narkotika dibagi menjadi 3 golongan berdasarkan risiko ketergantungan

Narkotika golongan 1 seperti ganja, opium, dan tanaman koka sangat berbahaya jikalau dikonsumsi karena berisiko tinggi menyebabkan kecanduan.

Narkotika golongan 2 seperti Morfin, Alfaprodina, dan 85 jenis lainnya, juga menyebabkan ketergantungan. Boleh di konsumsi dengan resep dokter, dengan tujuan pengobatan.

Narkotika golongan 3, jenis ini mempunyai risiko ketergantungan yang ringan, dan seringnya digunakan untuk pengobatan.

Efek penyalahan narkotika sendiri ada banyak sekali macam, yaitu halusinasi, dehidrasi, menurunnya tingkat kesadaran, kejang hingga kematian, gangguan kualitas hidup dan bila tidak ditangani dengan cepat akan berakibat kematian.

Efek penyalahan narkotika sendiri ada berbagai macam, yaitu halusinasi,

Kembali ke topik awal mengapa penyalahgunaan narkoba lebih marak terjadi pada kalangan remaja?

Masa remaja ialah masa-masa di mana mereka ingin mencari jati diri, mencoba hal-hal yang baru karena mereka mempunyai rasa keingintahuan yang tinggi, baik dalam hal positif maupun hal negatif. Oleh karena itu, orangtua harus mendampingi agar anak tidak terjerumus dalam hal negatif.

BNN menekankan peranan keluarga khususnya orangtua sangat penting dalam mencegah penyalahgunaan terhadap narkoba. Bagaimanakah peran orangtua dalam mencegah pemakaian narkoba semenjak dini?

Selanjutnya
Loading...

Comments