Mengenal Asal Usul Cabai, Si Pedas Kesukaan Orang Indonesia

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Mengenal Asal Usul Cabai, Si Pedas Kesukaan Orang Indonesia

Mengenal Asal Usul Cabai, Si Pedas Kesukaan Orang Indonesia

KEPONEWS.COM - Mengenal Asal Usul Cabai, Si Pedas Kesukaan Orang Indonesia Cabai bisa jadi salah satu tanaman paling penting di Indonesia.Saking pentingnya, harga cabai bahkan dapat mempengaruhi tingkat inflasi.Namun tak banyak yang tahu, 'si pedas' pendamping lauk makan ora...

Cabai bisa jadi salah satu tanaman paling penting di Indonesia.

Saking pentingnya, harga cabai bahkan dapat mempengaruhi tingkat inflasi.

Namun tak banyak yang tahu, 'si pedas' pendamping lauk makan orang Indonesia ini memiliki asal-usul dan perjalanan yang panjang untuk sampai ke Tanah Air.

"Cabai itu kira-kira ditemukan semenjak 9.000 tahun lalu, sudah lama sekali. Dianggap asalnya dari Peru atau Meksiko. Menyebar ke Eropa kemudian ke Hindia, dan kembali lagi ke Eropa," kata Bapak Teknologi Pangan Indonesia, F G Winarno ketika ditemui KompasTravel, Rabu (1/3/2017).

Penjelajah asal Italia, Kristoforus Kolumbus disebutkan Winarno ialah orang yang membawa cabai ke Eropa pada akhir abad ke-15.

"Kemudian Eropa diserang kerajaan Ottoman pada abad ke-16. Jadi cabai banyak berkembang di Hungaria. Orang Hungaria menggangap kalau cabai itu berasal dari negaranya, padahal sebenarnya dari Meksiko," ungkap pria yang pernah menjabat sebagai Presiden Codex Alimentarius Commission (komisi yang mengatur standar pangan di dunia) tersebut.

Di kampung halaman cabai, Meksiko, jumlah tanaman dengan genus Capsicum ini diperkirakan melebihi 100 jenis. Meski menurut Winarno hanya ada 12 cabai yang paling terkenal di Meksiko.

Cabai berukuran kecil disebutkan Winarno umumnya memiliki rasa yang lebih pedas ketimbang cabai berukuran besar.

Ukuran kepedasan cabai sendiri dinyatakan dalam satuan satuan Scoville Heat Unit (SHU). Di dunia perdagangan internasional, ukuran minimal kepedasan cabai merupakan 480.000 SHU. Di bawah ukuran tersebut, cabai digolongan dengan cita rasa manis bukan pedas.

Mengenal Asal Usul Cabai, Si Pedas Kesukaan Orang Indonesia

Comments