Mengenal Apel Hitam Arkansas, Buah Langka yang Tahan Lama

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Mengenal Apel Hitam Arkansas, Buah Langka yang Tahan Lama

Mengenal Apel Hitam Arkansas, Buah Langka yang Tahan Lama

KEPONEWS.COM - Mengenal Apel Hitam Arkansas, Buah Langka yang Tahan Lama Penampakan apel hitam Arkansas. (Wikipedia/ USDA) Jikalau kamu mengira bahwa apel identik dengan warna merah, maka asumsi kamu kurang tepat. Terdapat sebuah varian buah langka yang dinamakan black ap...

Penampakan apel hitam Arkansas. (Wikipedia/ USDA)

Jikalau kamu mengira bahwa apel identik dengan warna merah, maka asumsi kamu kurang tepat. Terdapat sebuah varian buah langka yang dinamakan black apple atau apel hitam dari Arkansas Amerika Serikat.

Buah ini merupakan buah asli Bentonville County, Arkansas dan merupakan komoditas unggulan pada tahun 1870 di daerah tersebut.

Bibit apel hitam kemudian dikirim oleh penjelajah sehingga dapat ditemukan di Selandia Baru dan Tibet.

Kalau dilihat dari warnanya yang cukup hitam, banyak orang mengira bahwa apel hitam kemungkinan ialah buah yang beracun.

Namun santai saja, ini bukan kisah Snow White sehingga apel tersebut bukanlah dari seorang penyihir.

Ilustrasi Balck Apple. (Instagram/ southcentralfarm)Ilustrasi Balck Apple. (Instagram/ southcentralfarm)

Apel hitam memang buah yang sangat langka karena ia hanya bisa tumbuh di daerah tertentu saja.

Buah tersebut mempunyai tekstur yang keras dan juga asam. Apel hitam Arkansas tidak dianjurkan untuk dimakan langsung setelah dipetik dari pohonnya.

Hal terbaik yang dapat dilakukan ialah menyimpannya di lemari es dan melupakannya hingga 6 bulan ke depan.

Pernyataan di atas bukan bercanda melainkan salah satu tips petani lokal Arkansas dan patut untuk dicoba.

Ilustrasi kue yang terbuat dari adonan apel. (Pixabay/ La Fontaine)Ilustrasi kue yang terbuat dari adonan apel. (Pixabay/ La Fontaine)

Beberapa orang mungkin menyukai buah ini karena terdapat rasa asam yang sangat khas.

Namun keistimewaan apel hitam Arkansas ialah ia dapat tahan beberapa bulan di lemari es dan menghasilkan rasa yang khas.

Setelah ditunggu beberapa bulan di dalam lemari es dan dimasukkan ke dalam adonan kue kukus, maka kita akan mendapatkan kue kukus dengan rasa yang sangat khas.

Apel hitam yang masih muda sama seperti apel berwarna merah pada umumnya. Namun semakin matang dan tua, ia akan berubah menjadi merah kehitaman dan bahkan hitam seutuhnya.

Penampakan apel hitam Arkansas. (Wikipedia/ USDA)Penampakan apel hitam Arkansas. (Wikipedia/ USDA)

Dikutip dari Atlas Obscura, apel hitam masih menyumbangkan 20 persen hasil produksi apel di negara bagian Arkansas pada tahun 1920-an.

Namun serangan ngengat dan biaya perawatan yang mahal membuat buah langka ini turun produksinya.

Kini apel hitam Arkansas hanya menyumbang 3 hingga 5 persen dari produksi apel negara bagian tersebut. Cara konsumen menikmati apel yang cukup ribet tersebut kemungkinan menjadi salah satu faktor penurunan permintaan.

Namun dengan adanya kemampuan yang dapat bertahan selama beberapa bulan, apel hitam Arkansas cukup terkenal sebagai buah langka yang tahan lama.

Comments