Mengenal 5 teknik menggoreng, pemula wajib tahu

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Mengenal 5 teknik menggoreng, pemula wajib tahu

Mengenal 5 teknik menggoreng, pemula wajib tahu

KEPONEWS.COM - Mengenal 5 teknik menggoreng, pemula wajib tahu foto ilustrasi: freepik.com Meski terlihat sederhana, menggoreng ternyata punya beragam teknik lho. Teknik menggoreng yang berbeda-beda juga menghasilkan hasil g...
Mengenal 5 teknik menggoreng, pemula wajib tahu foto ilustrasi: freepik.com

Meski terlihat sederhana, menggoreng ternyata punya beragam teknik lho. Teknik menggoreng yang berbeda-beda juga menghasilkan hasil gorengan dengan tekstur dan rasa yang beda pula.

Menggoreng dengan minyak sedikit atau banyak ternyata merupakan teknik yang berbeda. Nah, buat kamu yang senang banget berkutat dengan kegiatan masak-memasak, wajib nih buat mengetahui teknik-teknik menggoreng agar masakan yang kamu hasilnya maksimal.

Sebenarnya, beberapa teknik menggoreng ini sudah banyak diterapkan dalam kegiatan memasak masyarakat Indonesia. Penasaran apa saja teknik menggoreng? Yuk simak lima teknik menggoreng yang wajib kamu tahu seperti dilansir Brilio Food dari banyak sekali sumber, Minggu (13/6).

1. Sauteing (menumis).

5 Teknik menggoreng    berbagai sumber

foto ilustrasi: pixabay.com

Seperti cara menumis pada umumnya, teknik menggoreng satu ini hanya memakai sedikit minyak untuk menggoreng bahan makanan dalam waktu singkat. Bahan-bahan yang dimasak dengan teknik satu ini biasanya berukuran kecil-kecil. Sedangkan wajan yang digunakan datar.

2. Stir frying (menumis dan diaduk).

5 Teknik menggoreng    berbagai sumber

foto ilustrasi: freepik.com

Meski sama-sama menumis, sauteing dan stir-frying merupakan teknik menggoreng yang beda lho. Stir-frying merupakan teknik memasak dari China. Berbeda dengan sauteing, dalam menggoreng memakai teknik stir-frying, minyak yang digunakan sedikit lebih banyak namun tak sampai merendam bahan masakan. Cara memasaknya diaduk-aduk dalam waktu singkat.

3. Pan frying (menggoreng di wajan).

5 Teknik menggoreng    berbagai sumber

foto ilustrasi: pixabay.com

Teknik satu ini bisa dibilang cara menggoreng yang sering digunakan sehari-hari di dapur. Pan frying merupakan teknik menggoreng yang memakai minyak lebih banyak dari menumis.

Kamu juga bisa memakai minyak yang disesuaikan dengan porsi bahan makanan. Menggoreng dengan minyak yang hanya melumasi wajan agar bahan makanan tidak lengket, termasuk dalam kategori pan frying.

4. Shallow frying (menggoreng dangkal).

5 Teknik menggoreng    berbagai sumber

foto ilustrasi: pixabay.com

Sesuai namanya, teknik menggoreng satu ini memakai minyak yang tidak sampai merendam bahan makanan. Biasanya, minyak yang digunakan hanya sepertiga dari tinggi bahan makanan.

Teknik satu ini berfungsi untuk membuat kematangan lebih merata tanpa perlu dibolak-balik berkali-kali. Shallow frying biasanya dilakukan untuk menggoreng ikan, ayam, telur atau bahan makanan lainnya dalam porsi kecil.

5. Deep frying (menggoreng sampai terendam).

5 Teknik menggoreng    berbagai sumber

foto ilustrasi: pixabay.com

Teknik menggoreng satu ini sering dilakukan untuk memasak camilan, gorengan dan ayam goreng tepung. Sesuai namanya, teknik satu ini membutuhkan minyak yang cukup banyak hingga bahan masakan terendam.

Memakai minyak dalam jumlah banyak, minyak yang minyaknya pun akan meresep hingga ke dalam makanan. Teknik satu ini juga membuat makanan matang merata dan renyah.

(red)

Comments