Mengeluh Sakit di Perut, Warga Amerika Meninggal Saat Mendaki Gunung Semeru

Nasional

News / Nasional

Mengeluh Sakit di Perut, Warga Amerika Meninggal Saat Mendaki Gunung Semeru

Mengeluh Sakit di Perut, Warga Amerika Meninggal Saat Mendaki Gunung Semeru

KEPONEWS.COM - Mengeluh Sakit di Perut, Warga Amerika Meninggal Saat Mendaki Gunung Semeru MALANG - Seorang warga negara Amerika Serikat (AS) bernama Prasetio Tjondro (62), meninggal usai menderita sakit saat melakukan pendakian di Gunung Semeru. Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Teng...

MALANG - Seorang warga negara Amerika Serikat (AS) bernama Prasetio Tjondro (62), meninggal usai menderita sakit saat melakukan pendakian di Gunung Semeru.

Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) John Kennedie mengatakan, korban memulai pendakian pada Jumat (17/5/2019) dari Pos Ranupani, Kabupaten Lumajang.

Korban berada dalam satu rombongan yang berjumlah 21 orang. Saat memulai pendakian, rombongan tersebut terbagi dalam tiga tim yang masing-masing terdiri dari tujuh orang.

Korban berada di tim pertama yang didampingi oleh dua orang porter dan satu orang pemandu. Korban ialah satu-satunya warga negara Amerika Serikat di tim tersebut.

Sedangkan lainnya merupakan warga negara Indonesia.

Meski berstatus warga negara Amerika Serikat, korban merupakan kelahiran Indonesia. Hal itu terlihat dari paspor yang dimiliki korban.

Pesan Penting BJ Habibie Menjelang Pengumuman Juara Pilpres 2019

Sekitar pukul 18.00 WIB, tim tersebut tiba di Ranu Kumbolo dan beristirahat serta mendirikan tenda di dekat shelter danau yang dikenal sebagai surga kecil di jalur pendakian Gunung Semeru itu.

Keesokan harinya, pada Sabtu (18/5/2019) sekitar pukul 15.00 WIB korban mengeluhkan sakit di bagian perutnya.

"Anggota tim pertama atas nama Prasetio Tjondro mengeluh sakit perut dan meminta obat diare kepada temannya atas nama Lili (anggota Tim Kedua) yang juga berprofesi sebagai dokter," katanya.

Huawei Terancam Kehilangan Akses Lisensi ke OS Android dari Google

Namun, kondisi korban terus memburuk sekitar pukul 19.03 WIB dan dipindahkan ke shelter Ranu Kumbolo untuk menghindari cuaca dingin dan mendapatkan pertolongan pertama.

Mengeluh Sakit di Perut, Warga Amerika Meninggal Saat Mendaki Gunung Semeru

Comments